Tanam Pohon Kelapa Genjah, Jokowi: Dalam Satu Tahun, Satu Pohon Bisa Hasilkan 140-180 Buah Kelapa

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:45 WIB
Presiden Jokowi menanam di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). (SMSolo/dok)
Presiden Jokowi menanam di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana melakukan penanaman kelapa genjah di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022).

Jokowi memulai gerakan nasional penanaman 1 juta kelapa genjah yang bisa panen dalam waktu cepat.

"Kelapa genjah ini ditanam secara nasional yang hasilnya bisa dilihat 2,5 tahun hingga 3 tahun. Dalam kurun waktu tersebut buahnya bisa dipetik," ujar Jokowi.

Baca Juga: Dialog Santai dengan Petani Boyolali, Jokowi: Ini Dirawat yang Baik

Menurutnya, dalam satu tahun, setiap satu pohon kelapa bisa menghasilkan 140-180 buah kelapa.

"Tapi Yang paling penting, setelah ditanam disiapkan juga industrialisasinya, karena kelapa ini bisa dijadikan gula semut dan juga minyak goreng," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Jokowi, nantinya disetiap desa kelapa genjah ini bisa ditanam di kebun, pekarangan, dan lainnya sehingga bisa menambah "income" masyarakat.

Baca Juga: Ini Motif Pembunuhan Brigadir J Versi Pengacara Keluarga Brigadir J

Untuk tahap awal ini, bibit kelapa genjah tersebut didistribusikan untuk Kabupaten Sukoharjo 110 ribu, Boyolali 44 ribu, dan Kabupaten Karanganyar 46 ribu bibit.

"Setelah ini distribusi bibit dilanjutkan ke provinsi yang lain," pungkas Jokowi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X