Polisi Usut Kasus Jual Beli Lahan Bong Mojo, 2 Saksi Berpotensi Jadi Tersangka

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:17 WIB
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengecek lahan makam Bong Mojo, Jebres yang diduga adanya jual beli lahan, beberapa waktu lalu. (SMSolo/dok)
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengecek lahan makam Bong Mojo, Jebres yang diduga adanya jual beli lahan, beberapa waktu lalu. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Kasus dugaan jual beli lahan Bong Mojo Jebres tengah diusut penyidik Polresta Solo. Kasus itu diselidiki mulai Juli 2022 dan kini sudah naik status ke penyidikan.

Hal itu dikemukakan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat ditemui awak media di Polresta, Jumat (12/8/2022).

Dua orang yang statusnya masih sebagai sanksi, lanjut Kapolresta, berpotensi menjadi tersangka.

Baca Juga: Bakal Ditertibkan, Penghuni Lahan Bong Mojo Solo Segera Didata Ulang

"Penentuan tersangka menunggu hasil gelar perkara dalam waktu dekat. Mungkin Jumat atau pekan ketiga Agustus, sudah ada gelar perkara," kata Ade Safri.

Terkait motif jual beli lahan makam, perwira menengah itu menjelaskan, berawal dari pembersihan dan perataan lahan oleh oknum tak bertanggung jawab. Mereka melakukan hal itu setelah lahan Bong Mojo tak lagi difungsikan sebagai tempat pemakaman.

Oknum tak bertanggung jawab itu meminta uang pengganti pembersihan dan perataan lahan kepada masyarakat yang hendak mendirikan bangunan di lokasi tersebut. Uang yang diminta bervariatif mulai dari Rp 250.000, Rp 8 juta, hingga Rp 24 juta.

Selain adanya dugaan jual beli lahan, lanjut Kapolresta, disinyalir sudah ada lahan yang bersertifikat.

Baca Juga: Tanah eks Pemakaman Bong Mojo Diperjualbelikan, Gibran: Tunggu Wae

‘’Hal itu akan diselidiki pada tahap berikutnya," tandasnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X