Warga Desa Gedangan, Cepogo Gelar Kirab Gunungan Tembakau dan 77 Bendera Merah Putih

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Peserta kirab melintas di jalan tengah ladang menuju halaman Candi Sari, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. (SMSolo/Joko Murdowo)
Peserta kirab melintas di jalan tengah ladang menuju halaman Candi Sari, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Kirab gunungan tembakau digelar warga Dukuh Candirejo, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Sabtu (13/8). Turut dikirab, 77 bendera merah putih.

Kirab digelar dua kali, pertama kirab sesaji dan hasil bumi menuju Candi Sari di Desa Gedangan. Sesaji kemudian dibawa ke halaman Candi Sari dan dilakukan doa bersama. Sedangkan kirab kedua berupa empat gunungan tembakau serta hasil bumi.

Empat gunungan tembakau terdiri dari satu gunungan tembakau hijau, satu gunungan tembakau matang, satu gunungan tembakau kering dan satu gunungan tembakau rajangan kering. Kirab juga menuju ke halaman bawah Candi Sari.

Baca Juga: Malam Ini Padi Reborn Manggung di Wonogiri. Ini Rundown Acaranya

Turut dikirab 77 buah bendera merah putih yang dibawa para siswa. Usai dikirab, ke-77 bendera merah putih tersebut kemudian dikibarkan berderet dengan tiang bambu di tengah areal ladang tembakau milik warga.

Menurut panitia yang tokoh pemuda setempat Andrean Rega, kirab tersebut dilakukan untuk mengawali panen tembakau. Sekaligus sebagai doa agar panen tembakau lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Dihentikan, Istri Ferdy Sambo Buat Laporan Palsu dan Bisa Dipidana?

“Empat gunungan tembakau menggambarkan tahapan tembakau dari tembakau hijau hingga panen dan rajangan kering siap jual,” katanya.

Ditambahkan, secara kebetulan, kirab tersebut juga hampir bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.

“Jadi, sekalian kita rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan kirab 77 bendera. Ini melambangkan HUT Kemerdekaan yang ke 77 tahun.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andalkan Biogas, Warga Urutsewu Tak Perlu Beli Gas Melon

Minggu, 25 September 2022 | 05:15 WIB

Penemuan Mayat Kagetkan Warga Desa Pelem, Kecamatan Simo

Sabtu, 17 September 2022 | 13:42 WIB

Seratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Boyolali, Ada Apa?

Rabu, 14 September 2022 | 13:20 WIB
X