Bawaslu Klaten Luncurkan Buku ‘Mencatat Masa Silam, Menerangi Masa Depan’

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:03 WIB
Bawaslu Kabupaten Klaten menggelar peluncuran dan bedah buku.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bawaslu Kabupaten Klaten menggelar peluncuran dan bedah buku. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comBawaslu Kabupaten Klaten menggelar peluncuran dan bedah buku ‘’Mencatat Masa Silam Menerangi Masa Depan Kabupaten Klaten 2004-2023’’.

Peluncuran dilakukan di sebuah rumah makan, dihadiri anggota Bawaslu, Ketua KPU Kartikasari Handayani, pejabat Pemkab Klaten, perwakilan OPD terkait, mantan anggota Panwas 2004-2015, dan awak media.

‘’Bawaslu meluncurkan buku sejarah, buku ini sengaja kami buat dalam rangka Ulang Tahun Ke 4 Bawaslu Kabupaten/Kota. Dari buku ini, Bawaslu menggali cerita tentang kondisi pengawasan dan Panwas sejak awal ada,’’ kata Ketua Bawaslu Klaten Arif Fatkhurrokhman.

Baca Juga: Bawaslu Karanganyar Luncurkan Film Dadi Awu dan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

Yang menarik dari buku itu adalah perubahan struktur Panwas. Dulu masih ada unsur kepolisian, kejaksaan, sampai unsur itu tidak ada. Kemudian, Panwas hanya tiga orang, ada sentra Gakkumdu dan sebagainya, hingga menjadi Bawaslu.

‘’Cerita yang digali dari dulu Panwas masih ad hoc, sampai terakhir berubah menjadi Bawaslu yang permanen seperti KPU. Informasi digali dari mantan anggota Panwas dari tahun 2002 sampai 2015,’’ kata Arif.

Buku ini disebutnya sebagai generasi pertama, karena ada fakta masa lalu yang belum terungkap semua. Diharapkan ke depan aka nada generasi yang berikutnya. Semua itu untuk pembelajaran anggota Bawaslu.

Baca Juga: Bawaslu dan Polres Sukoharjo Akan Bersinergi Kawal Tahapan Pemilu

‘’Kami bandingkan kondisi Panwas yang dulu dengan keterbatasan anggaran, dengan kami yang sekarang punya banyak staf teknis. Harapannya, kami bisa lebih bagus dari Panwas sebelumnya,’’ kata Arif Fatkhurrokhman.

Acara bedah buku menghadirkan nara sumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Klaten, Syahruna dan mantan Anggota Panwas Suharno, dipandu Komisioner Bawaslu Klaten, Muhammad Milkan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Musim Hujan, Klaten Gelar Apel Siaga Bencana

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:05 WIB

Yaspim Klaten Gelar Aksi 'September Ceria 2022'

Senin, 26 September 2022 | 21:37 WIB
X