Miniatur Pesawat Hingga Ogoh-Ogoh Meriahkan Kirab Hari Merdeka di Desa Jatikuwung

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:34 WIB
Warga Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo mengikuti kirab dalam merayakan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Warga Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo mengikuti kirab dalam merayakan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, digelar secara meriah di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Rabu (17/8).

Warga menggelar upacara bendera di Lapangan Dusun Banyubiru, diikuti ratusan orang dari berbagai elemen.

Mulai dari petani, pedagang, kelompok karawitan, olahraga, hingga muda-mudi, dengan khidmat mengikuti upacara yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Pengait Rusak, Merah Putih Gagal Dikerek dalam Upacara HUT RI di Solo

Kostum peserta upacara pun beragam, sesuai profesinya. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah anggota DPRD Karanganyar Suyanto.

Usai upacara, mereka melakukan kirab keliling desa. Sejumlah kendaraan hias, ikut dalam pawai. Ada yang mobilnya dihias tumpeng raksasa, ada yang mengusung ogoh-ogoh, ada pula yang membuat miniatur pesawat dan tank untuk memeriahkan pawai.

Baca Juga: Kuasa Hukum Brigadir J Dukung Bharada E Jadi JC : Sejak Awal Saya Yakin Bukan Dia Pelakunya

Warga terlihat sangat antusias mengikuti acara maupun sekadar menonton, karena upacara dan pawai itu adalah yang pertama kali digelar masyarakat, usai dua tahun pandemi Covid-19.

Anggota DPRD Karanganyar Suyanto mengatakan, latar belakang digelarnya upacara itu untuk mengingatkan masyarakat tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga: Divonis 6 Bulan 15 Hari, Habib Bahar Smith Langsung Cium Bendera

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X