Ketua DPD Lanyalla Matalitti Dukung Rutan Solo Jadi Pabrik Garmen

- Jumat, 2 Juli 2021 | 14:00 WIB
Hasanuddin Massaile dan Lanyalla Mattalitti. (SMSolo/dok)
Hasanuddin Massaile dan Lanyalla Mattalitti. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Rutan Kelas I Surakarta tak lama lagi menjadi pabrik garmen. Operasionalnya akan melibatkan 50 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi standar sebagai pekerja atau tenaga honorer.

Selama 18 hari, sejak Selasa (22/6/2021), 50 napi atau WBP digembleng atau dilatih oleh para tenaga ahli dari Balai Diklat Indonesia (BDI) Yogyakarta untuk menjahit baju hingga siap pakai.

Upaya untuk memberdayakan bagi WBP sebagai pekerja pabrik garmen tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Mantan Sekjen Kemenkumham yang kini jadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Peduli Pemasyarakatan Indonesia (YPPI), Hasanuddin Massaile maupun Mantan Ketua PSSI yang kini jadi Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mattalitti.

Baca Juga: Ki Manteb Dimakamkan dengan Prosedur Covid-19. Diiringi Alunan Irama Ketawang Layu-Layu

Dalam pernyataaanya, Hasanuddin Massaile menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pendirian industri garmen di Rutan Solo.

"Konsep kepentingan pembinaan narapidana dengan kepentingan industri amat sangat bermanfaat. Selain itu menguntungkan bagi narapidana, keluarganya, perusahaan, dan otoritas lapas," jelasnya.

Adapun Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mattalitti meyakini, kerjasama antara Rutan Solo, perusahaan garmen PT Amura Pratama dan Balai Diklat Indonesia akan membawa manfaat bagi narapidana.

Baca Juga: PPKM Darurat! Mal dan Pusat Pebelanjaan di Solo Tak Ditutup

"Dengan program ini para narapidana akan memiliki kemandirian saat mereka bebas nanti. Kegiatan tersebut juga akan membantu pemulihan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi covid-19," tandasnya.

Karutan Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga mengemukakan, latihan menjahit para WBP tersebut sebagai persiapan untuk mewujudkan kerja sama antara rutan dengan Perusahaan Garmen, PT Amura Pratama dalam memproduksi garmen yang rencana akan dimulai dalam waktu dekat.**

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Sisihkan Uang Belanja, DWP UNS Gelar Jumat Berbagi

Jumat, 26 November 2021 | 22:05 WIB

ISI Surakarta Gelar Festival Keris Internasional

Jumat, 26 November 2021 | 10:26 WIB
X