Krisis Oksigen Melanda RS, Pemkot Surakarta Minta Pasokan Gas Oksigen Untuk Pembangunan GOR Manahan

- Rabu, 7 Juli 2021 | 07:05 WIB
Ilustrasi gas oksigen. /twitter.com/faheemyounus
Ilustrasi gas oksigen. /twitter.com/faheemyounus

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Di saat rumah sakit di sebagian besar wilayah krisis oksigen medis, Pemkot Surakarta meminta pasokan gas oksigen untuk mengejar tenggat pembangunan GOR Indoor Manahan, kepada PT Samator Gas Industri di Jaten Kabupaten Karanganyar.

Permintaan itu disampaikan tertulis, dimana surat yang dilayangkan Pemkot kepada produsen gas oksigen itu tersebar melalui aplikasi perpesanan, Selasa (6/7/2021).

Dalam surat tertanggal 5 Juli 2021 yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani itu, tertulis bahwa Pemkot meminta agar PT Samator Gas Industri bisa mengalokasikan gas oksigen bagi penyelesaian konstruksi atap GOR yang dikerjakan pelaksana konstruksi yaki PT Trinanda Karya Utama.

Baca Juga: TNI-Polri Siap Terjunkan Sopir untuk Kawal Distribusi Oksigen Medis di Jateng

Disebutkan pula bahwa pengerjaan rangka atap dan atap membrane pabrikasi/pengerjaan konstruksi atap pipa baja GOR Indoor Manahan memerlukan oksigen untuk memotong pipa baja.

Adapun pekerjaan yang dijadwalkan rampung 26 Juli 2021 tersebut, memerlukan sekitar 400 tabung gas dengan kebutuhan harian rata-rata 10-20 tabung. Saat dikonfirmasi wartawan perihal surat permohonan tersebut, Ahyani tidak menampiknya.

"Itu oksigen untuk industri. Beda dengan (oksigen) yang untuk napas (medis). Nggak masalah,” tandasnya.

Baca Juga: Tak Tahan Divonis Positif Covid, Seorang Ibu di Klaten Terjun ke Sumur di Depan Suaminya

Ia berdalih bahwa surat permohonan tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi pekerjaan konstruksi, yang tetap diizinkan beroperasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Tergantung sana (Samator). Kalau bisa menyediakan ya nggak apa-apa. Kalau tidak dipenuhi ya sudah."

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Sisihkan Uang Belanja, DWP UNS Gelar Jumat Berbagi

Jumat, 26 November 2021 | 22:05 WIB

ISI Surakarta Gelar Festival Keris Internasional

Jumat, 26 November 2021 | 10:26 WIB
X