Ratusan Warga Ikuti Pawai Bronjong Merdeka Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 18:57 WIB
Ratusan warga Desa Pranan yang mengikuti Pawai Bronjong Merdeka melintas Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo, Minggu (18/8). (SMSolo/Heru S)
Ratusan warga Desa Pranan yang mengikuti Pawai Bronjong Merdeka melintas Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo, Minggu (18/8). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Ratusan warga Desa Pranan Kecamatan Polokarto, Sukoharjo mengikuti Pawai Bronjong Merdeka, Minggu (28/8).

Kepala Desa Pranan 'Jigong' Sarjanto mengatakan, kirab Pawai Merdeka diikuti ratusan warga atau peserta. Mereka tidak hanya warga Pranan tetapi juga ada warga sekitar.

"Semua bronjong dihias dan diisi dengan berbagai buah untuk selanjutnya dikirab berkeliling Kabupaten Sukoharjo," jelas Sarjanto.

Baca Juga: Haru. Lulusan UNS Meninggal Sebelum Wisuda, Sang Kakak Wakili Ambil Ijazah

Dijelaskan, kirab dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tersebut juga bagian dari event Pranan Jambu Festival yang akan digelar pada 4-6 September 2022.

"Pawai bronjong juag sebagai wujud syukur karena brojong masih diperkenankan sebagai alat angkut bakul buah. Karena sebagian besar mata pencaharian warga Pranan adalah pencari buah," jelasnya.

Baca Juga: Ibu-Ibu PKK Menari, Ratusan Jaran Kepang Padati Festival Gelaran Paranggupito

Di satu sisi kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari sosialisasi potensi yang ada di Desa Pranan. Salah satunya adalah potensi buah yang ditanam oleh warga atau petani.

Berdasarkan pantauan, seluruh peserta pawai menghias bronjong mereka dengan berbagai bentuk.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X