Ponpes Assalaam Jadi Sekolah Lapang Hilal Pertama di Indonesia. Apa Saja yang Diajarkan?

- Senin, 29 Agustus 2022 | 12:34 WIB
Pondok Pesantren Islam Modern (PPMI) Assalaam terpilih menjadi Sekolah Lapang Hilal (SLH) perdana yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (SMSolo/dok)
Pondok Pesantren Islam Modern (PPMI) Assalaam terpilih menjadi Sekolah Lapang Hilal (SLH) perdana yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pondok Pesantren Islam Modern (PPMI) Assalaam terpilih menjadi Sekolah Lapang Hilal (SLH) perdana yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Deputi Bidang Geofisika BMKG Suko Adi Prayitno mengemukakan Sekolah Lapang Hilal merupakan salah satu program baru dari BMKG yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat bersahabat dengan rukyat hilal.

"Program ini merupakan program baru yang akan menjadi literasi di bidang astronomi, khususnya perhilalan di Indonesia," katanya.

Baca Juga: Beras Bantuan Dijual Diiklankan dan Dijual di Media Sosial

Dikemukakan, Sekolah Lapang Hilal akan menjadi lembaga pendidikan di bidang hilal yang dikelola BMKG bekerja sama dengan pesantren di seluruh Indonesia. SLH pertama akan digelar di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam.

Suko mengatakan, selain Sekolah Lapang Hilal, BMKG juga meluncurkan sistem informasi hilal yang akan menjadi pusat data hilal, baik secara hisab maupun hasil observasi hilal dari seluruh wilayah Indonesia yang tersatukan di dalam sistem berbasis website hilal.bmkg.go.id.

Baca Juga: Ini nilai moral yang bisa dipetik dari Film Sayap Sayap Patah

Ia menyampaikan bahwa program sekolah hilal ini merupakan salah bentuk perhatian BMKG dalam perkembangan astronomi di Indonesia khususnya rukyatul hilal.

"Hal ini mengingat lebih dari 80% warga Indonesia beragama Islam dan menggunakan kalender Hijriah dalam beribadah, oleh karena itu keakuratan dan ketepatan rukyatul hilal dalam kalender Hijriah sangat penting dan krusial" imbuh Suko Adi Prayitno.

Baca Juga: Dipecat, Ferdy Sambo Melawan Putusan KKEP. Ini Tanggapan Polri

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB

Gibran Dikabarkan Lumpuh Total!

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:53 WIB
X