Di Dusun Jantran Desa Pilang, Tradisi Mencintai Batik Ditumbuhkan Sejak Dini

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:01 WIB
Anak-anak mengikuti fashion batik yang digelar di Dusun Jantran Desa Pilang, Masaran Sragen. (SMSolo/Basuni H)
Anak-anak mengikuti fashion batik yang digelar di Dusun Jantran Desa Pilang, Masaran Sragen. (SMSolo/Basuni H)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Jantran adalah salah satu dusun yang ada di Desa Pilang Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Desa Pilang sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra batik di Sragen. Banyak pengusaha batik, baik skala besar, menengah dan kecil.

Dusun Jantran bisa dibilang menjadi pusat batik di Pilang. Batik seolah sudah menjadi denyut nadi kehidupan dusun yang terdiri atas lima RT tersebut.

Baca Juga: Film Sayap Sayap Patah. Ini Lutfi Hidayah, Sosok Asli Istri Almarhum Ipda Yudi Rospuji

Sugiyamto, tokoh masyarakat Pilang mengungkapkan bila sekitar 80 persen warganya menggantungkan hidup dalam produksi batik. Batik jenis apapun, mulai dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal ada di Jantran.

Batik sudah menjadi sandaran kehidupan warga Desa Pilang pada umumnya dan Dusun Jantran pada khususnya, maka tidak heran tradisi mencintai batik sudah dilakukan sejak usia dini,” kata Sugiyamto yang juga anggota DPRD Sragen dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Baca Juga: FX Rudy, Diisukan Bakal Isi Kursi Menpan RB, Begini Tanggapannya

Salah satu bukti usaha dan tradisi menumbuhkan kecintaan kepada batik sejak dini itu ada saat panggung peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, yang dilaksanakan pada Sabtu (27/8) malam lalu.

Selain pentas seni yang menampilkan potensi warga lokal, seperti keroncong dan tari-tarian, juga ditampilkan fashion batik.

Yang menarik, para peragawan dan peragawati yang berlenggak-lenggok di panggung adalah anak-anak usia SD yang mewakili RT masing-masing.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mal Pepalayan Publik Sragen Soft Opening 15 Desember

Kamis, 24 November 2022 | 20:32 WIB

Lubangi Tembok Dalam, Lima Napi Lapas Sragen Kabur

Rabu, 23 November 2022 | 09:02 WIB

PDIP Incar Hattrick Kemenangan dan 26 Kursi DPRD Sragen

Selasa, 15 November 2022 | 19:57 WIB
X