Abaikan SE Bupati, Sebagian Masyarakat di Sukoharjo Sudah Menyembelih Hewan Kurban

- Selasa, 20 Juli 2021 | 15:00 WIB
Prosesi penyembelihan hewan daging kurban di Sukoharjo, Selasa (20/7/2021). (SMSolo/dok)
Prosesi penyembelihan hewan daging kurban di Sukoharjo, Selasa (20/7/2021). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Meski sudah ada SE Bupati Sukoharjo terkait dengan penyembelihan hewan kurban di hari tasyrik, namun sebagian masyarakat tetap melaksanakan penyembelihan.

Masyarakat tetap melaksanakan penyembelihan di lingkungan mereka, Selasa (20/7/2021) usai salat Hari Raya Idul Adha. Hal itu dibenarkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Bagas Windaryatno mengatakan, pihaknya dan Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah telah melakukan pantauan.

Baca Juga: Sapi Kurban Hibah Presiden Jokowi Bakal Tiba di Masjid Agung dan Al-Wustho Solo, Sore Ini

"Penyembelihan hewan kurban, Dispertan atau Satgas Covid-19 wilayah telah melakukan pantauan. Umumnya masyarakat melaksanakan dengan prokes cukup baik. Namun demikian memang masih ada satu dua yang tidak, tetapi sudah diingatkan panitia yang lain," ujar Bagas.

Terkait dengan penyembelihan hewan kurban waktunya tidak sesuai SE Bupati, masyarakat beralasan, karena longgarnya saat ini.

"Warga di sini biasa menyembelih hewan kurban setelah salat id. Selain itu, yang menyembelih juga warga sendiri dan longgarnya sekarang," ujar salah satu panitia kurban di wilayah Kecamatan Bendosari.

Baca Juga: Ganjar : Kalau PPKM Diperpanjang Dengan Pola Seperti ini, Masyarakat Terlalu Berat

Di samping itu, masyarakat yang hadir dalam penyembelihan melaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes). Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Ihsan Muhadi mengatakan, sesuai dengan SE Bupati penyembelihan dilakukan pada hari tasyrik dengan menerapkan prokes ketat.

Hal itu dilakukan terkait dengan pandemi Covid-19 di Sukoharjo yang hingga saat ini masih tinggi. Meski ada yang menyembelih di usai salat id, namun ada juga masyarakat yang belum melaksanakan penyembelihan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Tes SKD ASN Diharapkan Hasilkan ASN Berkualitas

Rabu, 22 September 2021 | 08:39 WIB

Balapan Liar, Puluhan Pemuda Diamankan Polsek Kartasura

Senin, 20 September 2021 | 09:20 WIB

Pemkab Sukoharjo-Baznas Luncurkan Bantuan Jogo Kiai

Sabtu, 18 September 2021 | 18:52 WIB

800 Pelaku UMKM di Sukoharjo Ikuti Vaksinasi

Kamis, 16 September 2021 | 09:03 WIB
X