Petugas Berkeliling Cek Kondisi Daging Kurban di Karanganyar. Ada Temuan Cacing Hati

- Selasa, 20 Juli 2021 | 16:03 WIB
Petugas Dispertan PP Karanganyar mengecek organ dalam dari hewan kurban yang disembelih di Masjid Muhajirin, Lingkungan Cerbonan, Kecamatan Karanganyar, Selasa (20/7/2022).(SMSolo/Irfan Salafudin)  (Irfan Salafudin)
Petugas Dispertan PP Karanganyar mengecek organ dalam dari hewan kurban yang disembelih di Masjid Muhajirin, Lingkungan Cerbonan, Kecamatan Karanganyar, Selasa (20/7/2022).(SMSolo/Irfan Salafudin) (Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com. Petugas dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar mengecek kondisi daging hewan kurban, selama pelaksanaan penyembelihan.

Pengecekan dilakukan guna memastikan, daging hewan kurban dan organ dalamnya berkondisi baik dan layak konsumsi.

Selain Selasa (20/7/2021), penyembelihan juga dilakukan di hari tasyrik atau tiga hari setelah hari H Idul Adha.

Baca Juga: Abaikan SE Bupati, Sebagian Masyarakat di Sukoharjo Sudah Menyembelih Hewan Kurban

Kabid Peternakan Dispertan PP Karanganyar Heri Sulistiyo mengatakan, sudah dibentuk tim untuk mengecek kondisi daging dan jeroan hewan kurban, selama pelaksanaan penyembelihan.

"Ada yang melaksanakan penyembelihan Selasa, ada yang setelah itu. Hari tasyrik. Semuanya dipantau," katanya, Selasa (20/7/2021).

Heri mengaku mengecek di dua masjid, yakni Masjid Muhajirin di Lingkungan Cerbonan dan Masjid An Nur di Cangakan Timur, yang masing-masing menyembelih 10 ekor kambing dan 5 ekor sapi.

Baca Juga: Asrama Haji di 25 Lokasi Disiapkan untuk Penanganan Covid-19

Dari pengecekan itu, kondisi daging baik.

Juga jerohan, seperti hati dan limpa, kondisinya bagus.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

X