Jagal Hewan Kurban Musiman, Arif Abdullah: Bekalnya Mental dan Niat agar Halal

- Rabu, 21 Juli 2021 | 15:45 WIB
Arif Abdullah dibantu sejumlah warga memotong sapi kurban di depan Masjid Al Mabrur Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Rabu (21/7/2021).(SMSolo/Setyo Wiyono) (Setyo Wiyono)
Arif Abdullah dibantu sejumlah warga memotong sapi kurban di depan Masjid Al Mabrur Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Rabu (21/7/2021).(SMSolo/Setyo Wiyono) (Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Penyembelihan hewan kurban jamak dilakukan warga musim pada Hari Raya Idul Adha di Indonesia.

Masjid, mushola dan kelompok-kelompok masyarakat di berbagai daerah beramai-ramai menggelar penyembelihan kurban pada hari Idul Adha, serta selama tiga hari tasyrik.

Jagal atau penyembelih hewan ternak pun terkadang susah didapat, karena mereka kebanjiran order menyembelih kurban.

Beruntung, Masjid Al Mabrur yang biasa digunakan jamaah warga RT 3 dan RT 4 RW 12 Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Baca Juga: Polres Klaten dan Polres Sukoharjo Bagikan Hewan Kurban

Masjid yang terletak di Jalan Pleret Utama dan berhadapan dengan SMK PGRI Surakarta itu punya jamaah yang mahir sebagai jagal.

Keduanya adalah Arif Abdullah dan Mulyata, warga RT 3 RW 12 Banyuanyar yang bergantian menyembelih hewan kurban dengan prokes ketat, Rabu (21/7/2021).

‘’Saya ini kan ibarat jagal musiman. Memang bisa menyembelih sapi dan kambing, tapi hanya saat kurban saja,’’ kata Mulyata sambil tertawa.

Baca Juga: Usai Jalani Isolasi Mandiri, Gibran Mengaku Sudah Negatif Covid-19

Arif mengungkapkan, dirinya mulai mengenal ‘’dunia jagal’’ saat kuliah semester tiga di Fakultas Pertanian UNS Surakarta, tahun 1991.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Mapala Arcapada Unisri Gelar Ekspedisi Spesialisasi

Selasa, 21 September 2021 | 13:11 WIB

RSUD Bung Karno Solo Siapkan Layanan Hemodialisa

Jumat, 17 September 2021 | 09:50 WIB
X