Fakultas Teknik UNS Produksi Nasal Cannula untuk Pasien Covid-19

- Rabu, 21 Juli 2021 | 19:45 WIB
Dokumentasi UNS
Dokumentasi UNS

SOLO suaramerdeka -solo.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus berupaya menghasilkan inovasi dan produk yang bermanfaat untuk masyarakat.

Kali ini Fakultas Teknik UNS membantu penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi dengan memproduksi nasal cannula yang merupakan selang alat bantu pernapasan pada lubang hidung.

Produksi nasal cannula tersebut hasil kerja sama antara Laboratorium Getaran Program Studi (Prodi) Teknik Mesin FT UNS dengan RSUD Dr Moewardi. Adapun alat tersebut dicetak dengan menggunakan printer 3 dimensi.

Baca Juga: Setiap Desa di Wonogiri Didorong Punya Alat Tes Saturasi

Dalam hal ini, tim produksi Nasal Cannula diketuai oleh Ubaidillah dengan beranggotakan Aditya Rio Prabowo, Didik Djoko Susilo, Wibowo dan Dharu Feby Smaradhana.

Ubaidillah mengatakan, RSUD Moewardi mengalami over kapasitas akibat membludaknya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat. Akibatnya, terjadi kekurangan stok nasal cannula yang merupakan komponen High Flow Nasal Cannula (HFNC).

Selain itu, RSUD Moewardi sebagai mitra FT UNS juga terkendala suplai komponen nasal cannula yang terganggu dan sering terlambat, ditambah dengan tingginya penggunaan alat tersebut.

Baca Juga: Usai Jalani Isolasi Mandiri, Gibran Mengaku Sudah Negatif Covid-19

"Penanganan pasien tidak lancar karena ketersediaan alat terapi tidak sebanding dengan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat. HFNC ini memerlukan komponen nasal cannula tipe aliran tinggi yang terpasang di hidung pasien,” ujar Ubaidillah.

Ia menambahkan, dalam penanganan pasien Covid-19, HFNC digunakan sebagai alat untuk mengirimkan oksigen tambahan atau meningkatkan aliran udara dengan laju aliran sekitar 30- 90l/menit.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Mapala Arcapada Unisri Gelar Ekspedisi Spesialisasi

Selasa, 21 September 2021 | 13:11 WIB

RSUD Bung Karno Solo Siapkan Layanan Hemodialisa

Jumat, 17 September 2021 | 09:50 WIB
X