PPKM Darurat di Solo Dilanjutkan PPKM Level 4, Aturan Tidak Dilonggarkan

- Kamis, 22 Juli 2021 | 09:54 WIB
Petugas gabungan menempelkan stiker sosialisasi aturan PPKM di Selter PKL Manahan. (SMSolo/Dok)
Petugas gabungan menempelkan stiker sosialisasi aturan PPKM di Selter PKL Manahan. (SMSolo/Dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Solo tidak dilonggarkan Pemkot Surakarta, seiring perpanjangan PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4 hingga Minggu (25/7/2021).

Kebijakan ini tercermin dari SE Wali Kota Nomor 067/2236 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Kota Surakarta.

"SE itu memang tidak jauh berbeda dibanding SE PPKM Darurat sebelumnya. Secara umum masih sama. Detil aturan penerapan dan optimalisasi penanganan masih sama," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Kapolres Sukoharjo Sambangi PKL di Solo Baru Ditemani Ojol

Salah satu bentuk pelonggaran yang tidak tercantum dalam SE tersebut adalah pelonggaran bagi pelaku usaha kuliner, untuk mengizinkan konsumen makan di tempat selama maksimal 30 menit.

Aturan lain yang dipertahankan adalah pembatasan penumpang transportasi publik maksimal 70 persen dari total kapasitas, peserta acara pernikahan di kantor KUA atau rumah ibadah sebanyak 10 orang, hingga kewajiban melampirkan hasil negatif uji Covid-19 bagi tamu hotel.

Baca Juga: Dukung PPKM Darurat, JSIT Indonesia Tunda Munas V di Solo

Wakil Wali Kota (Wawali) Teguh Prakosa menerangkan, pelonggaran-pelonggaran aturan PPKM itu baru dimungkinkan jika Solo tak lagi berada dalam level 4.

“Kebijakan perpanjangan ini akan dievaluasi lagi pada 25 Juli. Jika level di Kota Surakarta turun ke level 3 atau bahkan level 2, tentu akan ada relaksasi kebijakan,” jelas dia.

Pemkot, imbuh Wawali, meminta maaf kepada warga terdampak kebijakan PPKM tersebut. “Mekanisme bantuan sosial, seperti yang sudah disampaikan pemerintah pusat kemarin, masih terus dibahas. Ini sedang masa prihatin. Kami harap seluruh warga bisa memahami dan lebih sabar untuk sementara waktu,” kata Teguh. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Dapat Bansos Covid-19? Begini Cara Megeceknya

Kamis, 22 Juli 2021 | 21:04 WIB
X