Pandemi Covid-19, Angka Kriminalitas di Sukoharjo Menurun

- Jumat, 23 Juli 2021 | 10:59 WIB
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setiawan mengecek kendaraan yang digunakan patroli anggotanya di Gelora Merdeka beberapa saat lalu. (SMSolo/Heru S)
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setiawan mengecek kendaraan yang digunakan patroli anggotanya di Gelora Merdeka beberapa saat lalu. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Sukoharjo Sukoharjo menurun selama pandemi Covid-19. 

Merujuk data dari Satuan Reskrim Polres Sukoharjo, ada penurunan jumlah kasus periode Januari - Juli 2021 dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Tarjono Sapto Nugroho mengatakan, tindak kejahatan menurun. 

"Periode Januari-Juli tahun 2020 tercatat ada 117 kasus, sedangkan pada periode yang sama tahun ini menurun jadi 102 kasus," jelas Kasat Reskrim.

Baca Juga: Covid-19 Mengganas, Jabatan Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Tidak Diminati

Penurunan tersebut, lanjut Kasat Reskrim, tidak lepas dari peningkatan patroli selama PPKM Mikro hingga Darurat. Dimana petugas yang tergabung dalam Satgas Gakkum, dalam setiap patroli tidak hanya melakukan imbauan tetapi juga sosialisasi terkait protokol kesehatan (prokes) pada masyarakat.

"Kasus yang menonjol pencurian. Ada pencurian ponsel, motor dan lainnya. Para pelakunya juga banyak yang sudah tertangkap," imbuhnya.

Baca Juga: Covid-19 Mengganas, Jabatan Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Tidak Diminati

Sebelumnya, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setiawan menegaskan, selama PPKM Darurat pihaknya terus melakukan patroli. Baik itu dilakukan secara terbuka atau tertutup. Tujuan dari patroli tersebut adalah antisipasi terjadinya tindak pidana atau kriminalitas.

Terlebih selama PPKM Darurat, aktivitas masyarakat dibatasi serta lampu-lampu penerangan jalan dimatikan. Kondisi tersebut, menurut Kapolres berpotensi terjadi tindak pidana. Karena itu pihaknya meningkatkan frekuensi patroli untuk memberikan jaminan pada masyarakat. Khususnya jaminan keamanan. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Tes SKD ASN Diharapkan Hasilkan ASN Berkualitas

Rabu, 22 September 2021 | 08:39 WIB

Balapan Liar, Puluhan Pemuda Diamankan Polsek Kartasura

Senin, 20 September 2021 | 09:20 WIB

Pemkab Sukoharjo-Baznas Luncurkan Bantuan Jogo Kiai

Sabtu, 18 September 2021 | 18:52 WIB

800 Pelaku UMKM di Sukoharjo Ikuti Vaksinasi

Kamis, 16 September 2021 | 09:03 WIB
X