Kodim Sragen Serbuan Vaksinasi di Lapas

- Jumat, 23 Juli 2021 | 15:52 WIB
Para warga binaan Lapas Kelas IIA Sragen menjadi Serbuan Vaksinasi Covid 19 dari Kodim 0725/Sragen yang digelar Jumat (23/7).
Para warga binaan Lapas Kelas IIA Sragen menjadi Serbuan Vaksinasi Covid 19 dari Kodim 0725/Sragen yang digelar Jumat (23/7).

SRAGEN, suaramedeka-solo.com - Jajaran Kodim 0725/Sragen kembali menggelar Serbuan Vaksinasi Covid 19. Kali ini, giliran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Sragen yang menjadi tempat serbuan vaksinasi, Jumat (23/7).

Pada Juli ini, Kodim Sragen terhitung sudah enam kali menggelar kegiatan serupa dengan sasaran berbeda beda. Antaranya lanjut usia (lansia), pelaku perjalanan, masyarakat umum nonkaryawan dan BUMN serta anak usia 12-18th.

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno mengatakan, serbuan vaksinasi kali ini adalah permintaan dari Kepala Lapas (Kalapas) Sragen Purwoko Suryo Pranoto. Pihak Lapas Sragen meminta 600 dosis vaksin untuk para warga binaan mereka.

Baca Juga: Permintaan Baju Hazmat Meningkat, Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

“Kalapas Sragen meminta bantuan Kodim Sragen untuk memvaksin warga binaan di Lapas Sragen dan keluarga pegawai lapas. Tentunya saya sudah meminta izin Danrem 074/Warastratama dan Pangdam IV/Diponegoro dan diijinkan,” terang Dandim.

Pemberian vaksin ini juga sebagai antisipasi agar para warga binaan tidak tertular dari pihak luar.

"Mungkin ada yang bertanya kenapa vasksinasi harus di Lapas Sragen, padahal mereka tidak kemana mana, kemungkinan kecil terpapar covid-19? Justru vaksin ini adalah antisipasi para warga binaan agar tidak tertular dari keluarga pengunjung dan petugas lapas.

Meskipun saya yakin sudah dilaksanakan protokol kesehatan yang ketat untuk memasuki lapas. Namun jika kecolongan satu orang saja yang tertular, maka mereka akan sangat mudah menularkan kepada yang lain, mengingat ruang lingkup di dalam lapas yang terbatas," tutur Dandim.

Baca Juga: Vaksinasi Pelajar. Sebanyak 819 Siswa SMPN 1 Boyolali Divaksin Covid-19

Pada serbuan vaksinasi ini, selain vaksin kepada para warga binaan juga untuk keluarga pegawai lembaga pemasyarakatan. Harapannya, tidak ada klaster baru dari lapas. Serbuan vaksinasi yang dilakukan Kodim Sragen diharapkan bisa membantu percepatan herd immunity atau kekebalan bersama dan membantu penanggulangan Covid 19, agar bisa segera pulih ekonomi, khususnya di Kabupaten Sragen.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X