Tolak Galian C, Masyarakat Desa Cepogo Boyolali Ancam Demo

- Kamis, 8 September 2022 | 17:11 WIB
Alat berat atau begu di lokasi penambangan Desa/Kecamatan Cepogo tak dioperasikan karena diprotes warga. (SMSolo/Joko Murdowo)
Alat berat atau begu di lokasi penambangan Desa/Kecamatan Cepogo tak dioperasikan karena diprotes warga. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Masyarakat Desa/Kecamatan Cepogo kompak menolak penambangan Galian C di Dukuh Macan Mati, Desa/Kecamatan Cepogo.

Warga mengancam bakal mengelar aksi jika kegiatan penambangan tak dihentikan.

Dari pantauan di lokasi, Kamis (8/9), terdapat dua alat berat atau begu dalam posisi tidak dioperasikan.

Baca Juga: Tawuran Siswa Antar SMK Nyaris Pecah di Karanganyar. Ini Pemicunya

Namun terlihat beberapa pekerja yang melakukan penambangan manual. Tampak dua truk yang antre mengambil batu yang sudah dipecah.

Menurut Kades Cepogo, Mawardi, pihaknya sebelumnya sudah menerima aduan dan desakan dari masyarakat terkait penambangan tersebut. Hingga kemudian digelar musyawarah desa khusus (Musdesus).

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo. Hindari Gilingan, Macet di Bawah Viaduk

“Dalam musdesus yang dihadiri seluruh elemen masyarakat, warga menolak penambangan galian C dengan alat berat.”

Namun, kemudian ada kegiatan penambangan yang baru memegang surat izin penambangan batuan (SIPB). Artinya, izin lingkungan dan teknis belum ada.

“Tapi sudah melakukan kegiatan penambangan. Sehingga masyarakat merasa keberatan dan akan menyampaikan aspirasi tersebut dengan cara unjuk rasa.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X