Ribuan Siswa SD di Klaten Ikuti Gerakan Sikat Gigi Bersama

- Jumat, 9 September 2022 | 18:30 WIB
Kick Off KHGN di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Dinas Kesehatan Cahyono Widodo dan tamu undangan. (SMSolo/Mera)
Kick Off KHGN di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Dinas Kesehatan Cahyono Widodo dan tamu undangan. (SMSolo/Mera)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sebanyak 2000 siswa di 4 lokasi mengikuti Gerakan sikat gigi bersama dan penyuluhan kesehatan gigi dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) tahun 2022.

Untuk wilayah Klaten, peluncuran “Gerakan Sikat Gigi Bersama’’ dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Klaten dr Cahyono Widodo MKes di SD Muhammadiyah Tonggalan, Klaten Tengah, Jumat 9 September 2022.

"Sebenarnya, HKGN diperingati 12 September. Namun saat itu, semua SD di Klaten melaksanakan ujian tengah semester, jadi acara dimajukan tanggal 9-10 September," kata Ketua PDGI Klaten drg Siti Rachmawati Kurnianingsih.

Baca Juga: Aksi Tolak Kenaikan BBM Bersubsidi di Solo, Ribuan Kader PKS Turun ke Jalan

Di Klaten, kegiatan dilaksanakan di 4 eks-Kawedanan. Untuk wilayah eks Kawedanan Delanggu di SDIT Program Khusus Muhammadiyah Delanggu, eks-Kawedanan Pedan di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas.

Eks Kawedanan Kota di SDIT Al Hidayah Ngawen dan di SD Muhammadiyah Tonggalan, Klaten Tengah dan eks Kawedanan Jatinom di SDIT An Najah Jatinom.

Baca Juga: NMax Hantam Tronton, Tiga Tewas di Boyolali

"Sasaran 2000 anak mengikuti gerakan sikat gigi bersama dan penyuluhan kesehatan gigi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa SD, sekaligus mencegah karies," ujar Siti Rachmawati.

Sejak pandemi, ada penurunan pemanfaatan layanan kesehatan gigi dan mulut, sehingga terjadi peningkatan permasalahan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang.

Kegiatan juga ingin meningkatkan usaha kesehatan gigi nasional yang sempat terhambat karena pandemi covid. Hal itu sesuai tema peringatan HKGN 2022 “Pulih bersama dengan Senyum Sehat Indonesia’’.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X