Tanah Bengkok Desa di Sukoharjo Beralih Nama. Kok Bisa?

- Sabtu, 10 September 2022 | 07:09 WIB
Ketua Umum Lapaan RI, BRM Kusumo Putro didampingi rekan kerjanya mengungkap aset kas Desa Gedangan menjadi milik perseorangan di sebuah warung makan di Sukoharjo, Jumat (9/9/2022). (SMSolo/dok)
Ketua Umum Lapaan RI, BRM Kusumo Putro didampingi rekan kerjanya mengungkap aset kas Desa Gedangan menjadi milik perseorangan di sebuah warung makan di Sukoharjo, Jumat (9/9/2022). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Tanah bengkok Desa Gedangan Kecamatan Grogol, Sukoharjo diduga bermasalah. Status aset desa tersebut diduga beralih nama kepemilikan.

Ketua LSM Lembaga Penyelamat Aset dan Anggaran Belanja Negara (Lapaan) RI BRM Kusumo Putro menduga, ada perbuatan sejumlah oknum hingga aset desa beralih kepemilikan secara pribadi.

Dia mengungkapkan, tanah bengkok Desa Gedangan seluas 3.000 m2 di daerah Parangjoro, merupakan hasil tukar guling dengan PT Pondok Solo Permai (PSP) pada 1987.

Baca Juga: Kades di Sragen Sepakat Input Data Lelang Tanah Eks Bengkok Masuk Siskeudes

Meski belum bersertifikat atas nama desa, namun aset itu tercatat secara administratif sebagai ‘bondo desa’.

"Berdasarkan data yang kami dapat, tanah dengan nomor persil 130, patok nomor 79 itu semula atas nama Sarjono. Sejak 1988 hingga 2017, dikuasai dan dimanfaatkan Pemdes Gedangan sebagai lungguh Kaur Umum," tegas Kusumo Putro, Jum'at (9/9/2022).

Namun pada 2018, menurutnya, tanah itu diketahui telah berganti pemilik seorang pengusaha berinisial IL.

Baca Juga: Di Boyolali, Aset Desa Senilai Rp 15,8 Triliun Berhasil Diselamatkan

"Kami menduga, dokumen yang digunakan untuk melepas aset bondo desa sengaja dipalsukan. Ini tidak mungkin dilakukan satu orang, tapi ada persekongkolan jahat yang patut diduga melibatkan oknum pejabat pemerintah," kata Kusumo yang juga pengacara.

Di sisi lain, Kusumo menyebut ada kejanggalan penambahan aset tanah Desa Gedangan pada tahun 2017 di daerah Parangjoro seluas 2.850 m2.

Dia menduga, pemberian tanah itu sebagai bentuk peralihan hak atau tukar guling untuk mengganti tanah bondo desa yang sudah dijual kepada IL.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X