Retas Data BIN hingga Kasus Munir, Bjorka Retas Data Pegawai Pemkab Sukoharjo, Ada Apa? Ini Analisisnya

- Minggu, 11 September 2022 | 19:10 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam peluncuran Sukoharjokab-CISRT, 6 September 2022 lalu. (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam peluncuran Sukoharjokab-CISRT, 6 September 2022 lalu. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Hacker Bjorka membuat publik tanah air heboh dengan data-data yang dia retas dan beredar luas di medsos.

Tidak tanggung-tanggung, data yang dijebol bukan data sembarangan. Mulai dari data pribadi Menkominfo, data rahasia BIN ke Presiden, menyenggol Erick Thohir dan Puan Maharani hingga kasus pembunuhan aktivis HAM Munir.

Namun yang menarik, hacker Bjorka sebelumnya sempat membongkar data kepegawaian Pemkab Sukoharjo yang notabenenya lokal atau daerah. Lalu apa motivasi dan tujuan Bjorka?

Baca Juga: Data Pegawai Pemkab Sukoharjo Dibobol Hacker

Sebelum Bjorka "mengobrak-abrik" Kabupaten dengan Slogan Makmur ini pada 9 September 2022 kemarin, Pemkab Sukoharjo sebelumnya meluncurkan program "Sukoharjokab-CSIRT".

Peluncuran dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Selasa (6/9/2022). CSIRT sendiri adalah "Computer Security Incident Response Team" atau Tim Tanggap Darurat Keamanan Sistem Informasi.

Baca Juga: Giliran Kasus Munir Dibongkar Hacker Bjorka Lengkap dengan Aktor-aktornya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sukoharjo, Suyamto, menyampaikan, sederhananya CSIRT adalah tim tangap darurat darurat keamanan sistem informasi.

"Sistem ini sudah standar dari Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN dan sudah terintegrasi sehigga ketika ada gangguan di daerah secara otomatis akan diketahui oleh BSSN tanpa harus melaporkan secara khusus,' jelasnya.

Baca Juga: Mau Naik Ojol? Ini Tarif Ojol Terbaru per 11 September 2022 yang Wajib Diketahui

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X