Rehab Jalan dan Jembatan, Pemkab Boyolali Siapkan Anggaran Rp 140 Miliar

- Selasa, 13 September 2022 | 11:14 WIB
Pelebaran jembatan Tegalwire 2 di Kecamatan Mojosongo, Boyolali senilai Rp 2,210 miliar terus dikebut.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Pelebaran jembatan Tegalwire 2 di Kecamatan Mojosongo, Boyolali senilai Rp 2,210 miliar terus dikebut. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Rehabilitasi jalan menjadi prioritas Pemkab Boyolali tahun 2022 ini. Anggaran Rp 140 miliar telah disiapkan untuk pemeliharaan jalan, termasuk rehab 23 jembatan.

“Masih ada 7,18 persen jalan dengan kondisi rusak berat. Saat ini, survei kondisi jalan di Kota Susu masih berlangsung dan secepatnya dilakukan perbaikan,” ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR), Joko Prasetyo, Selasa (13/9).

Dengan anggaran Rp 140 miliar lebih, maka diharapkan pemeliharaan jalan lebih optimal. Meliputi pembangunan dan pemeliharaan drainase, serta pembangunan dan pelebaran jalan menuju standar.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo. Catat, Dua Jembatan Jurug Ditutup Mulai 18 September 2022

Tahun ini, ada 83 titik pemeliharaan jalan dan jembatan yang tersebar di 12 kecamatan. Rinciannya, ada yang diperbaiki dari APBD, dana alokasi khusus (DAK), dana bantuan keuangan (Bankeu), serta APBD belanja tidak terduga (BTT).

Tercatat terdapat 80 paket fisik dengan anggaran Rp 137 miliar. Kemudian 53 paket perencanaan teknis atau Detailed Engineering Design (DED) senilai Rp 1,8 miliar. Selain itu 69 paket pengawasan dengan anggaran Rp 1,6 miliar.

“Proyek jembatan ada enam titik. Terdiri empat titik penggantian jembatan dan tiga titik pelebaran jembatan. Itu dari APBD. Kalau BTT ada satu pelebaran jembatan di Tamansari dan dua pembangunan jembatan di Wonosamudro, serta satu lainnya di Ngemplak,” papar Joko Prasetyo.

Baca Juga: Jembatan Putus, Puluhan Siswa di Probolinggo Terjatuh ke Sungai. Begini Kronologinya

Dari sisi lokasi, enam jembatan yang dibangun tersebar di Kecamatan Andong, Juwangi, Simo, Boyolali, Sambi dan Kemusu. Kemudian empat penggantian jembatan di Kecamatan Nogosaro, Gladagsari, Teras dan Klego.

“Sedangkan pelebaran jembatan di tiga lokasi, yakni Mojosongo, Musuk dan Sawit. Selain itu, ada tujuh titik pemeliharaan jembatan.”

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X