379 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Tradisi Yaqowiyu di Klaten

- Kamis, 15 September 2022 | 15:25 WIB
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sejumlah 379 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan perayaan tradisi Yaqowiyu di Jatinom, Klaten, Kamis dan Jumat, 15-16 September 2022.

‘’Telah disiapkan 379 personel gabungan untuk pengamanan sepanjang acara tradisi Yaqowiyu di Jatinom, Klaten, Kamis-Jumat, 15-16 September 2022,’’ kata Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo.

Personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari Polres Klaten, Kodim 0723 Klaten, Dinas Perhubungan Klaten dan Satpol PP Klaten. Mereka akan bekerja sama untuk menyukseskan pergelaran tradisi tahunan itu.

Baca Juga: Info Lalu Lintas: Yaqowiyu, Pengguna Jalan Hindari Jalan Klaten-Jatinom-Boyolali

Aparat tak hanya melakukan pengamanan jalannya tradisi yang digelar setiap bulan Sapar tahun Jawa, namun juga mengatur lalu lintas di sekitar lokasi acara. Diperkirakan, ribuan orang akan menghadiri tradisi Yaqowiyu.

Satuan Lalu Lintas Polres Klaten bersama Dinas Perhubungan akan fokus pada pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi. Bahkan saat ini, sudah diberikan himbauan agar pengguna jalan menghindari jalan di Kawasan Jatinom.

Kegiatan Yaqowiyu akan dimulai Kamis sore dengan arak-arakan gunungan apem dari Kecamatan Jatinom ke Masjid Gedhe di komplek Makam Ki Ageng Gribig Jatinom.

Baca Juga: Dua Tahun Sangat Terbatas, Tradisi Yaqowiyu Jatinom akan Kembali Digelar Terbuka. Ini Jadwalnya.

Pada Kamis mulai pukul 18.30 WIB, akan diselenggarakan Dzikir Dan Sholawat Dalam Rangka Haul Ki Ageng Gribig Jatinom di Oro-oro Yaqowiyu dekat Pasar Jatinom.

Acara akan hadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, KH Agus Ali Masyhuri dari Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo dan para pejabat Klaten.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X