Airlangga Dorong Wali Kota Solo Dekati Keraton Surakarta. Apa Kata Gibran?

- Sabtu, 17 September 2022 | 06:24 WIB
Airlangga Hartarto bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berbicara dalam forum Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Jumat (16/9) sore.  (SMSolo/dok)
Airlangga Hartarto bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berbicara dalam forum Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Jumat (16/9) sore. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang masih memiliki trah Pura Mangkunegaran berkomitmen nguri-nguri budaya jawa.

Komitmen itu disampaikan saat dia berbicara dalam forum Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Jumat (16/9) sore.

Dia menilai, Kota Solo memiliki dua sumber pusat budaya Jawa untuk mengembangkan pariwisata. Kedua kekuatan itu adalah Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Temui Gibran dan Serahkan Bantuan, Airlangga Berharap Kasus Covid-19 di Solo Tetap Terkendali

Mengibaratkan pesawat, dia menyebut Solo punya twin engine (dua mesin). Satu Mangkunegaran dan satu Kasunanan.

‘’Sebelum ada Indonesia sejarahnya ada di situ," katanya.

Melihat Pura Mangkunegaran yang kian eksis berkat kekompakan antara Mangkunegara (MN) X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Airlangga berharap kepada Gibran untuk melakukan hal serupa terhadap Keraton Kasunanan.

Baca Juga: Partai Golkar Tancap Gas, Wujudkan Airlangga Hartarto Jadi Presiden

Pasalnya, Pemerintah Pusat sedang mendorong pengembangan pariwisata berbasis kebudayaan di Kota Solo dengan banyak menyelenggarakan event salah satunya adalah G20.

"Kebudayaan di Solo ini kan banyak, mungkin Pak Wali boleh nitip-nitip juga Kasunanan ditengok-tengok sedikit pak. Saya tahu tidak sederhana, kalau dirapiin tambah rapi pak," paparnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB

Gibran Dikabarkan Lumpuh Total!

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:53 WIB
X