Pernah Ditertibkan, Branjang Ikan Ilegal Bertebaran Lagi di Waduk Gajahmungkur

- Minggu, 18 September 2022 | 17:10 WIB
Seorang nelayan melintas di antara branjang-branjang ikan di perairan Waduk Gajahmungkur, Kalimati Betal Lawas, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri.  (SMSolo/Khalid Yogi)
Seorang nelayan melintas di antara branjang-branjang ikan di perairan Waduk Gajahmungkur, Kalimati Betal Lawas, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Branjang-branjang ikan ilegal kembali bertebaran di sebagian wilayah Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.

Alat penangkap ikan yang berupa bangunan dari rangkaian bambu yang dilengkapi dengan jaring berukuran rapat itu sebenarnya dilarang dioperasikan.

Jaring berukuran rapat dilarang, karena akan merusak ekosistem Waduk Gajahmungkur. Pasalnya, ikan-ikan kecil ikut terjaring sehingga populasinya dapat terganggu.

Baca Juga: Revitalisasi Gajahmungkur, Dermaga Perahu Wisata Bakal Disulap Jadi Jembatan Kaca

Pegiat komunitas Peduli dan Lindungi Waduk Gajahmungkur, Gunawan mengatakan, pemerintah daerah pernah menertibkan dan membongkar branjang-branjang ikan beberapa tahun lalu.

Namun alat tangkap ilegal tersebut kini kembali bertebaran. Selain itu, jaring keruk juga banyak dijumpai di Waduk Gajahmungkur.

Branjang apung banyak dijumpai di perairan sekitar Kalimati Betal Lawas, Kecamatan Nguntoronadi. Perangkap yang sama juga bertebaran di lokasi sekitar Kecamatan Baturetno dan Wuryantoro.

Baca Juga: Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajahmungkur Dianggarkan Rp 28,9 Miliar. Untuk Apa Saja?

"Jumlahnya banyak sekali. Sampai-sampai, satu titik lokasi bisa penuh branjang," ujar Gunawan, Sabtu (17/9/2022).

Dampak penggunaan branjang ilegal menurutnya sangat terasa. Beberapa pegiat komunitas Peduli dan Lindungi Waduk Gajahmungkur lainnya mengungkapkan, populasi ikan dirasa menurun drastis beberapa tahun ini.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan Kantor Dinkes Wonogiri Telan Rp14 Miliar

Selasa, 6 Desember 2022 | 10:41 WIB

Wonogiri Raih Anugerah Dwija Praja Nugraha

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:17 WIB

Warga Peduli AIDS Wonogiri Dihidupkan Lagi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:23 WIB

Duh, Delapan Ibu Hamil di Wonogiri Terpapar HIV

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Shaggy Dog Bakal Meriahkan Tahun Baru di Wonogiri

Senin, 28 November 2022 | 19:21 WIB
X