Wakili Jateng di Festival Dalang Anak Nasional, Ini Rutinitas Siswa SD Muhammadiyah 1

- Senin, 19 September 2022 | 10:56 WIB
Siswa SD Muhammadiyah 1 Gibran Maheswara saat menerima piala kemenangan dalam Festival Dalam tingkat Jateng.  (SMSolo/dok)
Siswa SD Muhammadiyah 1 Gibran Maheswara saat menerima piala kemenangan dalam Festival Dalam tingkat Jateng. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Tak banyak siswa yang masih setia nguri uri budaya leluhur dalam keseharian mereka. Salah satunya kesenian wayang menjadi salah satu seni tradisi asli Indonesia.

Gibran Maheswara Javas Setyawan adalah salah satu dari yang sedikit tersebut. Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta ini baru saja meraih juara kedua dalam Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di Pendapa Anyar Dayu Park, Desa Saradan, Karangmalang, Sragen.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo: Macet Panjang di Palur, Jelang Penutupan Jembatan B Jurug

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah kerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jateng.

"Gibran berhasil meraih juara 2 kategori A Festival Dalang Anak atau Remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022," kata Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko.

Baca Juga: Unik! Wisudawan UMS Ini Kemudikan Truk Menuju Tempat Wisuda

Yang lebih membanggakan lagi, siswa kelas 5 itu berhak mewakili Jawa Tengah dalam Festival Dalang Nasional pada 23 September mendatang di Taman Mini Indonesia Indah.

Atas keberhasilan itu, Gibran yang didampingi Wakasek Humas Jatmiko menyatakan meminta doa dan restu pada seluruh masyarakat Kota Bengawan.

Untuk menghadapi event Festival Dalang Anak ini Gibran berlatih selama dua minggu di Sanggar Sarotama. Di bawah asuhan Mujiyono.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Membalik Keadaan dalam Sisa 11 Menit, Garuda Ke Final Piala Asia U20

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Woro, Nella dan Paramitha Bakal Tampil di Purbayan

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:30 WIB

LAPAN RI Jateng Desak Hentikan Semua Penambangan

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X