DPRD Wonogiri Menolak Keras Penggunaan Branjang Ikan di Waduk Gajahmungkur

- Senin, 19 September 2022 | 19:55 WIB
Salah satu branjang ikan beroperasi di perairan Waduk Gajahmungkur, daerah Kalimati Betal Lawas, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)
Salah satu branjang ikan beroperasi di perairan Waduk Gajahmungkur, daerah Kalimati Betal Lawas, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - DPRD Wonogiri menolak dengan tegas penggunaan alat tangkap ilegal di perairan Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri, termasuk branjang ikan dan jaring keruk.

Pasalnya, alat tangkap ilegal itu dapat merusak populasi ikan di perarian waduk.

Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sriyono mengatakan, penangkapan ikan dengan branjang apung dan jaring keruk bisa menurunkan populasi ikan.

Baca Juga: Beragam Cerita dalam Sejarah Bengawan Solo

Hal itu karena para pelaku menggunakan jaring dengan ukuran mata jaring yang kecil, sehingga ikan-ikan kecil ikut terjaring.

"Yang jelas, kami menolak keras penangkapan ikan dengan branjang dan jaring keruk. Itu yang ketangkap tidak cuma ikan besar, tapi ikan-ikan kecil, anak-anaknya, sama semua pasukannya bisa habis," ujarnya, Senin (19/9).

Pihaknya mengaku pernah menerima surat dari perwakilan pegiat Komunitas Peduli dan Lindungi Waduk Gajahmungkur, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Persiapan Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Ganjar Pranowo Ditinggal PDIP

Mereka mengajukan audiensi dengan DPRD Wonogiri untuk mengadukan masalah tersebut. Pihaknya berencana memfasilitasi audiensi tersebut, Selasa (20/9).

Seperti diberitakan, branjang-branjang ikan ilegal kembali bertebaran di sebagian wilayah Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan Kantor Dinkes Wonogiri Telan Rp14 Miliar

Selasa, 6 Desember 2022 | 10:41 WIB

Wonogiri Raih Anugerah Dwija Praja Nugraha

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:17 WIB

Warga Peduli AIDS Wonogiri Dihidupkan Lagi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:23 WIB

Duh, Delapan Ibu Hamil di Wonogiri Terpapar HIV

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Shaggy Dog Bakal Meriahkan Tahun Baru di Wonogiri

Senin, 28 November 2022 | 19:21 WIB
X