12 Kecamatan di Wonogiri Bakal Punya Zona Industri

- Selasa, 20 September 2022 | 09:42 WIB
Ketua DPRD Wonogiri Sriyono, Wakil Ketua Siti Hardiyanti, Ketua Komisi I Bambang Sadriyanto dan Ketua Komisi IV Catur Winarko menyampaikan keterangan saat jumpa pers di kantor DPRD Kabupaten Wonogiri, Senin (19/9).  (SMSolo/Khalid Yogi)
Ketua DPRD Wonogiri Sriyono, Wakil Ketua Siti Hardiyanti, Ketua Komisi I Bambang Sadriyanto dan Ketua Komisi IV Catur Winarko menyampaikan keterangan saat jumpa pers di kantor DPRD Kabupaten Wonogiri, Senin (19/9). (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - DPRD Kabupaten Wonogiri bersama Pemkab Wonogiri tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri di kabupaten tersebut.

Di dalam Raperda itu akan ada sekitar 12 kecamatan yang mempunyai zona industri.

Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sriyono menerangkan, Raperda akan mencantumkan zona-zona industri tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan.

Baca Juga: Pernah Ditertibkan, Branjang Ikan Ilegal Bertebaran Lagi di Waduk Gajahmungkur

Hal itu dapat dijadikan payung regulasi jika ada investor yang ingin menanamkan modalnya pada bidang industri di Kabupaten Wonogiri.

Ketua Komisi I DPRD Wonogiri Bambang Sadriyanto menambahkan, pembuatan Raperda itu mengacu pada aturan dari Pusat. Di mana, Pemerintah Pusat mewajibkan adanya Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK).

"Pembuatan Raperda ini mengacu dari aturan Pemerintah Pusat, RDTRK itu wajib karena untuk menangkap tata ruang di masing-masing kecamatan," terangnya.

Baca Juga: Pandawagiri akan Gelar Summer Camp di Watu Cenik Wonogiri

Dia mencontohkan, di wilayah Kecamatan Selogiri rencananya ada sekitar 80 hektare lahan yang bisa digunakan zona industri. Di Kecamatan Wonogiri juga ada ratusan hektare lahan yang dapat dimasukkan dalam zona industri.

"Dan kecamatan-kecamatan lain juga ada. Kalau ada pengusaha masuk Wonogiri kita belum punya zona industri kan repot. Ini memang tuntutan, maka kami siapkan dari tingkat kabupaten dan kecamatan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan Kantor Dinkes Wonogiri Telan Rp14 Miliar

Selasa, 6 Desember 2022 | 10:41 WIB

Wonogiri Raih Anugerah Dwija Praja Nugraha

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:17 WIB

Warga Peduli AIDS Wonogiri Dihidupkan Lagi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:23 WIB

Duh, Delapan Ibu Hamil di Wonogiri Terpapar HIV

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Shaggy Dog Bakal Meriahkan Tahun Baru di Wonogiri

Senin, 28 November 2022 | 19:21 WIB
X