Mantab, 19 Desa di Juwiring Lulus Verifikasi 5 Pilar STBM tingkat Klaten

- Rabu, 21 September 2022 | 05:15 WIB
Kecamatan Juwiring, Klaten menggelar verifikasi dan deklarasi 5 Pilar STBM. (SMSolo/dok)
Kecamatan Juwiring, Klaten menggelar verifikasi dan deklarasi 5 Pilar STBM. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Puluhan warga mengikuti acara Verifikasi dan Deklarasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Selasa 20 September 2022.

Acara dihadiri Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah, Kadarwati selaku peninjau dan tamu kehormatan. Selain itu sejumlah pihak turut hadir, seperti Forkopimcam, kades dan TP PKK 19 desa, serta relawan ring 1 Juwiring. Total sekitar 350 peserta.

‘’Hari ini, ada 19 desa yang diverifikasi tim kabupaten. Alhamdulillah, hasilnya semua lulus verifikasi sehingga Juwiring dinyatakan sebagai kecamatan dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,’’ kata Camat Juwiring, Herlambang Jaka Santosa.

Baca Juga: Ganjar Canangkan 38 Desa Bersih Narkoba di Klaten

Ada 60 orang anggota tim verifikator dari Dinas Kesehatan yang diterjunkan melakukan verifikasi di 19 desa. Pada masing-masing RW ada 5 rumah yang diverifikasi.

Anggota DPRD Jateng Kadarwati mengapresiasi Kecamatan Juwiring, karena dari 19 desa yang diverifikasi semuanya lulus.

‘’Saya apresiasi, karena 19 desa di Kecamatan Juwiring laporannya bagus tanpa catatan. Dari pagi tim turun ke lapangan melakukan verifikasi, kemudian direkapitulasi. Hasilnya, alhamdulilah semua lulus,’’ ujar Kadarwati.

Baca Juga: Dua Warga Kalikotes Disabet Golok Pengendara RX King. Klitih Muncul Lagi di Klaten?

Hasil verifikasi akan dilaporkan ke kabupaten, kemudian desa terbaik akan mewakili Klaten untuk bersaing di tingkat kabupaten. Pada rangkaian itu juga digelar deklarasi 5 Pilar STBM.

Ada lima poin deklarasi yakni, stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga secara aman, pengelolaan sampah rumah tangga secara aman dan pengelolaan limbah cair rumah tangga secara aman.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Klaten Terus Berupaya Genjot Produksi Beras

Rabu, 23 November 2022 | 13:27 WIB

25 Instansi Gelar Layanan Publik di 32 Stan MPP Klaten

Selasa, 22 November 2022 | 20:30 WIB

Relawan Klaten Menyerbu Sampah Bambu di Sungai Dengkeng

Minggu, 20 November 2022 | 07:13 WIB
X