Tanggap Bencana, Ratusan Personel Gabungan Ikuti Pelatihan SAR Polres Sukoharjo

- Rabu, 21 September 2022 | 19:05 WIB
Anggota Polres Sukoharjo dan anggota Kodim serta BPBD mengikuti pelatihan SAR di Waduk Mulur Bendosari. (SMSolo/dok)
Anggota Polres Sukoharjo dan anggota Kodim serta BPBD mengikuti pelatihan SAR di Waduk Mulur Bendosari. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-com – Ratusan personel gabungan dari berbagai instansi mengikuti pelatihan penanggulangan bencana SAR (search and rescue) yang digelar Polres Sukoharjo di Waduk Mulur, Bendosari, Rabu (21/9/2022).

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, pelatihan SAR gabungan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengatasi ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat terkait bencana alam.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo: Jembatan Mojo Ditutup, Ini Rute Pengalihan Arus dari Satlantas Polres Sukoharjo

“Kita tahu menjelang musim penghujan, banyak tempat-tempat di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang berpotensi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan yang lainnya. Untuk itu pelatihan ini bertujuan untuk melatih kembali kemampuan dalam tanggap bencana,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres meminta anggotanya memahami prosedur penanganan bencana alam dan membantu korban bencana alam.

Baca Juga: Sadis! Seorang Suami Tusuk Leher Istrinya Dengan Pisau Dapur Hingga Meninggal

“Kegiatan kali ini untuk membekali anggota dalam teknik penanggulangan bencana. Mereka harus siap saat diminta membantu saat bencana, minimal paham,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, pelatihan itu diikuti oleh 150 personel gabungan, diantaranya anggota Polres Sukoharjo, Kodim 0726, BPBD, Satpol PP, Damkar, Senkom, mahasiswa UMS dan Univet, serta relawan lainnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Pemilik Jet Pribadi Yang Ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan. Ada Bau Bos Judi!

“Pelatihan ini diikuti sekitar 150 personel gabungan, pelatihan tersebut meliputi SAR darat (Pemotongan kayu dan baja serta pemadaman kebakaran) dan SAR air (Cara membalik perahu, cara mendayung perahu dan cara menolong korban tenggelam), serta pengenalan terhadap jenis dan cara penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X