Jembatan Mojo Ditutup, Ini Dampaknya bagi Pelaku UKM

- Kamis, 22 September 2022 | 11:27 WIB
Penutupan Jembatan Mojo akan berdampak pada sekotor UMKM, salah satunya bagi perajin karak di Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. (SMSolo/dok Pemdes Gadingan)
Penutupan Jembatan Mojo akan berdampak pada sekotor UMKM, salah satunya bagi perajin karak di Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. (SMSolo/dok Pemdes Gadingan)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Penutupan Jembatan Mojo karena akan diperbaiki mulai 26 September hingga 30 November 2022 mendatang, akan berdampak langsung pada pelaku UMKM.

Khususnya pelaku UMKM dari Kabupaten Sukoharjo yang akan memasarkan produknya ke Kota Solo.

Sebab jika selama ini mereka dapat langsung mengakses ke Kota Solo melalui Jembatan Mojo, maka dipastikan setelah ditutup total mereka akan memutar.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo: Jembatan Mojo Ditutup, Ini Rute Pengalihan Arus dari Satlantas Polres Sukoharjo

Kondisi tersebut jelas tidak menguntungkan pelaku UMKM. Terlebih cost yang harus mereka keluarkan akan semakin tinggi. Utamanya dari sisi transportasi di tengah kenaikan harga BBM.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo Iwan Setiyono, selama pembangunan itu memang ada yang terdampak.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo: Jembatan Jurug Ditutup, Pemkot Solo Cari Solusi untuk Kendaraan Prioritas

Khususnya sektor perdagangan khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), jasa transportasi, industri dan jenis usaha lainnya.

Dalam situasi seperti itu, akan terjadi pelambatan pengiriman barang atau tranportasi angkut dari pelaku usaha ke pasar atau konsumen.

"Ini wajar sebagai dampak pembangunan. Tapi sifatnya hanya sementara dan setelah proyek selesai akan pulih seperti semula. Tentunya para pelaku usaha dan UMKM sudah memperhitungkan pasar dan kebutuhan angkut barang. Terlebih lagi sekarang setelah ada penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM)," ujarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan Mojo Ditutup, Ini Dampaknya bagi Pelaku UKM

Kamis, 22 September 2022 | 11:27 WIB

Data Pegawai Pemkab Sukoharjo Dibobol Hacker

Sabtu, 10 September 2022 | 10:27 WIB

Tanah Bengkok Desa di Sukoharjo Beralih Nama. Kok Bisa?

Sabtu, 10 September 2022 | 07:09 WIB
X