Kreatif, Napi di Rutan Solo Membuat Miniatur Kapal Seharga Jutaan Rupiah

- Kamis, 22 September 2022 | 20:06 WIB
Seorang napi Rutan Solo pembuat kerajinan yang laku di jual di masyarakat, menangis di depan orang tuanya saat menerima uang hasil penjualan kerajinannya. (SMSolo/Sri Hartanto)
Seorang napi Rutan Solo pembuat kerajinan yang laku di jual di masyarakat, menangis di depan orang tuanya saat menerima uang hasil penjualan kerajinannya. (SMSolo/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Membuat miniatur kapal di dalam Rutan Solo, membuat sejumlah narapidana bangga. Terlebih hasil karya mereka laku dijual hingga jutaan rupiah.

Rona (26), napi kasus narkoba nampak bangga bercampur haru saat dia bersama beberapa rekannya menerima 50 persen keuntungan dari hasil penjualan miniatur kapal yang laku Rp 1,5 juta.

"Senang, bangga, bisa memberi sedikit rezeki untuk keluarga mesti berada di dalam rutan," kata napi kurir narkoba yang divonis 2 tahun 4 bulan itu, Kamis (22/9).

Baca Juga: Razia di Rutan Solo, Polisi Temukan Benda Mencurigakan yang Isinya Cukup Mengejutkan

Pemuda asal Sudiroprajan, Jebres, Solo tersebut menggeluti kerajinan tangan sacara autodidak.

Berbagai kerajinan seperti seperti miniatur kapal, miniatur gerobak angkringan, tempat dudukan serbaguna, dia buat.

"Autodidak. Awalnya saat masuk penjara bingung mau apa. Lalu saya tergerak untuk berkegiatan membuat berbagai kerajinan tangan. Ternyata ada hasil," kata Rona.

Hal senada dikemukakan Adrianto (25). Pemuda yang terjerat kasus pencurian itu juga mendapat uang dari jerih payahnya mengerjakan miniatur kapal bersama Rona dan narapidana lainnya.

Baca Juga: Tak Dipedulikan Keluarga, Napi Pencurian Mobil Mencoba Kabur dari Rutan Solo

Penerimaan bagian hasil penjualan kerajinan yang diperoleh para narapidana itu disaksikan keluarganya dan diapresiasi Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X