Ini Fakta Sejarah Penting Wayang Wong di Kota Solo yang Wajib Diketahui

- Jumat, 23 September 2022 | 11:47 WIB
Salah satu pementasan Wayang Wong Sriwedari di Kota Solo, beberapa waktu lalu. Kota Solo punya sejarah penting terkait dengan Wayang Wong. (SMSolo/Wisnu Kisawa)
Salah satu pementasan Wayang Wong Sriwedari di Kota Solo, beberapa waktu lalu. Kota Solo punya sejarah penting terkait dengan Wayang Wong. (SMSolo/Wisnu Kisawa)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Jangan pernah abaikan Solo ketika menyebut Wayang Wong. Sebab Solo adalah kota penting, yang dimungkinkan sebagai rumah mula Wayang Wong.

Solo adalah punjer Wayang Wong. Setidaknya ada beberapa catatan sejarah yang menyatakan, Kota Budaya adalah tanah asal Wayang Wong.

Meski masih ada perdebatan, apakah penciptanya KGPAA Mangkunagoro I, KGPAA Mangkunagoro IV, Sultan Hamangkurat I, Raden Panji Asmarabangun atau yang lain.

Baca Juga: Satu Rumah Lagi di Dukuh Klinggen, Kecamatan Sawit belum Peroleh Ganti Rugi Proyek Tol Solo- Jogja

Tapi lupakan sementara perdebatan tentang siapa penciptanya itu. Yang pasti, di Solo memang ada banyak jejak dari pernah membuminya kesenian wayang wong. Salah satunya adalah Wayang Orang Sriwedari.

Didirikan pada tahun 1910, keberadaan wayang wong ini turut melengkapi aneka hiburan Taman Sriwedari. Sebuah taman yang juga dikenal dengan Kebon Raja karena dibangun atas titah SISKS Paku Buwono X tahun 1899.

Baca Juga: Antisipasi Penutupan Jembatan Mojo, Warga Gadingan Bangun Jembatan Sesek. Polisi Ingatkan Keamanannya

Dalam konsep Kebon Raja, pertunjukan Wayang Orang Sriwedari memiliki citra yang berkelas dan kekinian di masa pendiriannya.

Bayangkan, ketika itu kesenian Jawa tersebut disandingkan dengan berbagai hiburan yang sedang tren. Hiburan gambar hidup (bioskop) di antaranya, yang bahkan masih sangat baru dan di Indonesia jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari kala itu.

Baca Juga: Cerita Mistis di Balik Keindahan Waduk Sermo, Lokasi Syuting Film Jailangkung Sandekala

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB

Begini Kronologi Adu Jotos Peserta Munas Hipmi di Solo

Selasa, 22 November 2022 | 15:11 WIB

Memalukan! Peserta Munas Hipmi di Solo Adu Jotos

Selasa, 22 November 2022 | 09:27 WIB
X