Kantor Pertanahan Sragen Tuntaskan PTSL, Siapkan Pemotretan dengan Drone

- Senin, 26 September 2022 | 23:05 WIB
Kepala Kantor Pertanahan Sragen Arief Syaifullah bersama staf seusai upacara memperingati HUT Ke 62 UUPA tahun 2022, Senin (26/9). SMSolo/Basuni H (SMSolo/Basuni H)
Kepala Kantor Pertanahan Sragen Arief Syaifullah bersama staf seusai upacara memperingati HUT Ke 62 UUPA tahun 2022, Senin (26/9). SMSolo/Basuni H (SMSolo/Basuni H)

 

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Selain menuntaskan program Pendaftaran Tanah Sertifikasi Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan Sragen bakal melakukan program pemetaan dengan memotret semua desa menggunakan drone.

Kepala Kantor Pertanahan Sragen Arief Syaifullah menyampaikan hal itu, usai upacara Peringatan HUT Ke 62 UUPA (Undang Undang Pokok Agraria) tahun 2022, Senin (26/9).

“Pemotretan dan pemetaan menggunakan drone, hasilnya akan lebih bagus, obyeknya lebih jelas, detail dan akurat, skalanya lebih besar bahkan patok bisa kelihatan,” terang Arief.

Baca Juga: Selama Enam Tahun, ATR/BPN Wonogiri Selesaikan PTSL untuk 79.684 Bidang Tanah

Pemotretan menggunakan drone itu merupakan program dari Pusat. Banyak manfaat yang bisa membantu menyelesaikan konflik tanah terkait batas tanah.

“Menyelesaikan konflik batas tanah selama ini juga tidak gampang,” kata Arief.

Bila sebuah obyek atau bidang tanah jelas, maka dapat diisi berbagai data, termasuk luasan, nama pemilik dan properti di dalamnya. Di beberapa negara mapan, bahkan sudah dilengkapi data lain seperti jaringan listrik, gas, air bersih dan sejarah tanahnya.

Tentang program PTSL di Sragen, karakteristiknya sama dengan wilayah Solo Raya lainnya. Sekitar 98 persen bidang tanah telah terdaftar, sehingga PTSL minim.

Baca Juga: Launching Program Lantala, BPN Solo Klaim Permohonan Sertifikat Hanya Butuh Waktu 1 Jam

Tahun ini, Kantor Pertanahan Sragen mendapat alokasi 1.850 bidang. Itu pun, pengukurannya sudah dilakukan tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mal Pepalayan Publik Sragen Soft Opening 15 Desember

Kamis, 24 November 2022 | 20:32 WIB

Lubangi Tembok Dalam, Lima Napi Lapas Sragen Kabur

Rabu, 23 November 2022 | 09:02 WIB

PDIP Incar Hattrick Kemenangan dan 26 Kursi DPRD Sragen

Selasa, 15 November 2022 | 19:57 WIB
X