Tol Solo-Jogja: Izin Pelepasan Tanah Kas Desa Turun, Jembungan Siap- siap Cari Pengganti

- Rabu, 28 September 2022 | 20:37 WIB
Alat berat digunakan untuk mengerjakan proyek tol Solo- Yogya di ruas Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Alat berat digunakan untuk mengerjakan proyek tol Solo- Yogya di ruas Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Proses pembebasan tanah kas desa (TKD) untuk proyek tol Solo-Jogja terus dikebut.

Bahkan pembebasan TKD milik dua desa di Boyolali, saat ini telah mendapatkan izin dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Total ada 77 bidang TKD yang terkena proyek tol, milik 8 desa. Lima desa sudah mengajukan izin pelepasan TKD ke Gubernur, 2 di antaranya sudah keluar izinnya,” ujar Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Hafid Istantio.

Baca Juga: 111 Bidang Tanah di Boyolali Belum Terima UGR Proyek Tol Solo-Jogja

Ditemui wartawan di kantornya pada Rabu (28/9), dia mengungkapkan, TKD tersebut adalah 4 bidang milik Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono yang berlokasi di Desa Kuwiran, seluas 7.460 meter persegi.

Kemudian 26 bidang TKD milik Desa Kuwiran dengan luas 36.559 meter persegi. Di Desa Jembungan Kecamatan Banyudono ada 20 bidang TKD dengan luas 43.500 meter persegi.

Sedangkan di Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit sebanyak 11 bidang dengan luas 24.544 meter persegi.

Baca Juga: Sepuluh Jiwa Menderita, Hidup di Rumah yang Terkepung Proyek Tol Solo-Jogja

Satu bidang TKD milik Desa Jatirejo, Kecamatan Sawit juga terkena proyek strategis nasional ini. Luasnya 199 meter persegi. Lalu, 9 bidang TKD Kateguhan, Kecamatan Sawit seluas 7.204 meter persegi.

Selanjutnya, 2 bidang milik Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak yang berada di Desa Kuwiran dan Jembungan dengan luas 4.230 meter persegi. Empat bidang TKD milik Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak dengan luas 5.972 meter persegi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Trabas, Komunitas Trail Boyolali Reklamasi Lahan

Jumat, 18 November 2022 | 16:00 WIB
X