Penataan Organisasi Birokrasi Pemkab Sragen: Dua Dinas Digabung, Satu Badan Ganti Nama

- Kamis, 29 September 2022 | 08:05 WIB
Titik 0 Kilometer Sragen terletak di depan Kompleks Setda Sragen, Jalan Sukowati kabupaten setempat. (SMSolo/Basuni Hariwoto)
Titik 0 Kilometer Sragen terletak di depan Kompleks Setda Sragen, Jalan Sukowati kabupaten setempat. (SMSolo/Basuni Hariwoto)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Penataan kembali dilakukan Pemkab Sragen pada jajaran birokrasinya, tahun depan. Ada dua dinas digabung menjadi satu, serta ada badan yang ganti nama.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, yang digabung itu adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bakal digabung Dinas Peternakan dan Perikanan.

Perubahan nomenklatur juga dialami Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) yang berubah nama menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah.

Baca Juga: Siapa Suksesor Tatag Prabawanto? Tiga Nama Bersaing Duduki Kursi Sekda Sragen

“Perubahan nomenklatur ini, sekarang masih dalam rancangan peraturan daerah (raperda) dan dibahas bersama DPRD Sragen,” kata Bupati Yuni.

Sejumlah alasan jadi dasar kebijakan penggabungan tersebut, di antaranya tumpang tindih kegiatan dan pengelolaan sumber daya penyuluh pertanian.

Selain itu terjadi kendala perencanaan anggaran dan pengukuran kerja, sehingga berdampak pada perencanaan dan anggaran, baik di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan maupun di Dinas Peternakan dan Perikanan.

Baca Juga: Kantor Pertanahan Sragen Tuntaskan PTSL, Siapkan Pemotretan dengan Drone

”Raperda sedang dibuat, penggabungan dua dinas dan perubahan nomenklatur Bapedda. Pertimbangannya untuk efisiensi, efektif, dan Ketika ada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pertanian jadi satu pintu,” tegas Yuni.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sragen Dapat Penghargaan Meritokrasi

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:33 WIB

Mal Pepalayan Publik Sragen Soft Opening 15 Desember

Kamis, 24 November 2022 | 20:32 WIB

Lubangi Tembok Dalam, Lima Napi Lapas Sragen Kabur

Rabu, 23 November 2022 | 09:02 WIB

PDIP Incar Hattrick Kemenangan dan 26 Kursi DPRD Sragen

Selasa, 15 November 2022 | 19:57 WIB
X