Rehab 28 SMP, Pemkab Boyolali Gelontorkan Dana Rp 21 Miliar

- Kamis, 29 September 2022 | 10:25 WIB
Bangunan kelas di SMP 2 Banyudono Boyolali direhab menjadi bangunan bertingkat.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Bangunan kelas di SMP 2 Banyudono Boyolali direhab menjadi bangunan bertingkat. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Upaya peningkatan fasilitas sekolah terus dilakukan Pemkab Boyolali. Tahun ini, Pemkab melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali merehabilitasi 28 SMP yang rusak.

“Sekolah itu tersebar di semua kecamatan dengan kerusakan yang beragam. Baik ruang kelas maupun ruangan penunjang pembelajaran. Total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 21 miliar,” ujar Kabid SMP Disdikbud Boyolali, Lasno, Kamis (29/9).

Rehabilitasi menyasar di SMP negeri dan swasta. Di Boyolali Kota menyasar dua titik, yakni SMPN 2 Boyolali dan SMPN 4 Boyolali. Sekolah lainnya antara lain SMPN 1 Cepogo, SMPN 2 Musuk, SMPN 1 dan 2 Ampel.

Baca Juga: Duh .....Uang Tabungan Puluhan Juta Dimakan Rayap, Penjaga Sekolah Gagal Daftar Haji

Kemudian SMPN 1 Teras, SMPN 1 Banyudono, SMPN 2 Ngemplak, SMPN 1 Simo, SMPN 1 Sambi.

Di wilayah utara adalah SMPN 2 Kemusu, SMPN 2 Juwangi, SMPN 1 Wonosegoro, SMPN 2 Andong, SMP Muhammadiyah 10, SMP Bineka Karya (BK) Boyolali Kota dan Klego serta SMP Muhammadiyah 2 Simo.

“Kerusakan bangunan memang relatif. Seperti SMPN 2 Boyolali, ini malah kemarin atapnya sudah kami turunkan karena sangat parah dan tidak layak untuk ditempati,” jelasnya.

Baca Juga: Jalin Sinergitas Sivitas Akademika, Sunan Hotel Gandeng Sekolah Vokasi UNS

Kerusakan yang dialami tiap sekolah berbeda-beda. Sehingga, bantuan rehabilitasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Ada yang mendapatkan rehabilitasi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, toilet dan lainnya.

“Jauh hari, sejak 2021 kita sudah diskusi panjang dengan Kemendikbud, akhirnya diputuskan. Misal, di SMPN 1 Teras itu yang direhab ruang guru. Kita tidak bisa mengalihkan,” tutur Lasno.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Trabas, Komunitas Trail Boyolali Reklamasi Lahan

Jumat, 18 November 2022 | 16:00 WIB
X