Mau Ngurus KTP dan BPJS? Boyolali Kini Miliki Mall Pelayanan Publik, Lho...

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:19 WIB
Bupati M Said Hidayat bincang- bincang dengan Direktur Bank Boyolali, Dono Sri Hananto usai pengecekan MPP.  (SMSolo/dok)
Bupati M Said Hidayat bincang- bincang dengan Direktur Bank Boyolali, Dono Sri Hananto usai pengecekan MPP. (SMSolo/dok)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Boyolali kini memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP). Jadi masyarakat yang butuh layanan pemerintah tak perlu wira-wiri dari satu kantor ke kantor lain.

Lokasinya juga mudah dijangkau, yaitu di kawasan Alun-alun Lor Boyolali. Di sana, masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan di satu tempat. Di antaranya mengurus BPJS Kesehatan, namun ternyata NIK-nya terbaca.

Pemohon pun tak perlu pergi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang bertempat di Komplek Perkantoran Setda Terpadu. NIK tersebut bisa diurus langsung di stand Disdukcapil yang berada di MPP.

Baca Juga: Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB dan Ganjar Apresiasi MPP Sukoharjo

“Begitu juga soal urusan lain, seperti mau investasi yang butuh berbagai macam syarat dari dinas-dinas lain, seperti DLH dan DPU PR, bisa langsung di satu tempat di MPP ini,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Purnawan, Senin (3/10).

Dia menjelaskan, ada 171 layanan yang diberikan kepada masyarakat di MPP Boyolali ini. Selain dari Pemkab Boyolali, layanan juga diberikan oleh instansi vertikal seperti Polres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan BUMD, serta BUMN.

“Layanan dari BUMN ada PT Taspen, ada juga BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Bank Jateng dan KPP Pratama,” jelas dia.

Baca Juga: 32 Instansi Ngantor di MPP Sevaka Bhakti Wijaya Sukoharjo

Menurut Purnawan, keberadaan MPP untuk mempermudah pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat juga lebih efisien waktu dalam pengurusan layanan dari pemerintah.

Bupati Boyolali M Said Hidayat menambahkan, pihaknya sengaja memanfaatkan gedung yang sudah ada di kawasan Alun-alun Lor untuk MPP tersebut.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Trabas, Komunitas Trail Boyolali Reklamasi Lahan

Jumat, 18 November 2022 | 16:00 WIB
X