Ditahan Kejari Kasus Bumdes, Suyatno Diusulkan Dihentikan Sementara dari Jabatan Kades Berjo

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:01 WIB
Kades Berjo Suyatno keluar dari kantor Kejari Karanganyar dengan mengenakan rompi tahanan dan tangan diborgol, usai diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Bumdes Berjo, Selasa (27/9) lalu.  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Kades Berjo Suyatno keluar dari kantor Kejari Karanganyar dengan mengenakan rompi tahanan dan tangan diborgol, usai diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Bumdes Berjo, Selasa (27/9) lalu. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Kades Berjo Kecamatan Ngargoyoso, Suyatno, diusulkan untuk diberhentikan sementara dari jabatannya, menyusul penahanan dirinya oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar dalam kasus dugaan korupsi Bumdes Berjo.

Usulan itu diajukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar ke Bupati. Jabatan kades, sementara dipegang sekretaris desa (sekdes) setempat.

Kepala Dispermades Karanganyar Sundoro Budi Karyanto mengatakan, usulan penghentian sementara Kades Berjo sudah masuk ke meja Bupati.

Baca Juga: Kasus Korupsi Bumdes Berjo: Tangan Diborgol, Kades Berjo Menyusul Masuk Bui

"Tinggal menunggu SK (surat keputusan) dari Bupati," katanya.

Dia menjelaskan, hak-hak yang melekat pada jabatan kades untuk sementara juga dihentikan, seperti pemberian gaji. Inventaris kendaraan dinas, saat ini pun sudah ditarik.

Kades Berjo Suyatno ditahan Kejari Karanganyar mulai 27 September lalu, dalam kasus dugaan korupsi di Bumdes Berjo.

Sepekan sebelumnya, pada 20 September, Kejari juga menahan mantan Dirut Bumdes Berjo Eko Kamsono, dalam kasus yang sama.

Baca Juga: Tangan Diborgol, Mantan Dirut Bumdes Berjo Ditahan Setelah Diperiksa Lima Jam

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 1,16 miliar itu.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X