Jelang Musim Hujan, Klaten Gelar Apel Siaga Bencana

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:05 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan peralatan kepada relawan yang diwakili dari TNI, Polri dan BPBD pada apel siaga bencana, Selasa 4 Oktober 2022.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan peralatan kepada relawan yang diwakili dari TNI, Polri dan BPBD pada apel siaga bencana, Selasa 4 Oktober 2022. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka.solo.com – Pemerintah Kabupaten Klaten bersama seluruh elemen masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan menjelang musim hujan, terutama dari ancaman banjir, tanah longsor dan angin ribut.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan, mengingat Klaten termasuk kawasan rawan bencana, baik gempa, erupsi gunung Merapi, banjir dan angin ribut. Dulu pernah terjadi gempa bumi dahsyat pada 27 Mei 2006 dan erupsi Merapi tahun 2010.

‘’Perlu kewaspadaan, dua bulan ke depan adalah musim pancaroba, masyarakat Klaten harus mewaspadai musim hujan, karena sering dibarengi angin ribut dan saat ini, status Merapi juga masih siaga III," kata Bupati Klaten Sri Mulyani.

Baca Juga: Tanggap Bencana, Ratusan Personel Gabungan Ikuti Pelatihan SAR Polres Sukoharjo

Hal itu ditegaskan Bupati Sri Mulyani saat memimpin apel siaga bencana dalam rangka Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 di halaman Pemkab Klaten, Selasa 4 Oktober 2022.

Kewaspadaan dilakukan dengan melibatkan semua elemen masyarakat, BPBD bersama TNI, Polri, Dinas Perhubungan, PMI dan relawan, bahu membahu bila terjadi bencana, agar masyarakat merasa tenang.

‘’Alhamdulilah, Klaten mempunyai relawan yang luar biasa, sangat membanggakan. Para relawan selalu siap sedia bekerja 24 jam menolong orang lain, tak peduli kenal atau tidak, semata-mata demi kemanusiaan,’’ tegas Bupati.

Baca Juga: Kodim 0723 Klaten Gelar Pembinaan Relawan Tanggap Bencana

Dalam apel yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Klaten itu, Bupati mengingatkan potensi kerawanan yang sering terjadi di musim hujan. Hujan yang disertai angin kencang, sehingga menyebabkan pohon tumbang dan longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto mengatakan, apel Siaga Bencana diikuti berbagai elemen mulai dari BPBD Klaten, Kodim 0723 Klaten, Polres Klaten, Dinas Perhubungan, ORARI, PMI, SARDA Klaten, SAR Polres Klaten, Damkar, Satpol PP dan sejumlah komunitas siaga bencana.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Klaten Terus Berupaya Genjot Produksi Beras

Rabu, 23 November 2022 | 13:27 WIB

25 Instansi Gelar Layanan Publik di 32 Stan MPP Klaten

Selasa, 22 November 2022 | 20:30 WIB

Relawan Klaten Menyerbu Sampah Bambu di Sungai Dengkeng

Minggu, 20 November 2022 | 07:13 WIB
X