September 2022, Polres Klaten Ungkap 4 Kasus Narkoba dan 6 Tersangka Diamankan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:11 WIB
Kasat Narkoba Polres Klaten Iptu Yosua Farin Setiawan didampingi Kasi Humas Iptu Abdillah memaparkan kasus narkoba yang diungkap selama September 2022.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Kasat Narkoba Polres Klaten Iptu Yosua Farin Setiawan didampingi Kasi Humas Iptu Abdillah memaparkan kasus narkoba yang diungkap selama September 2022. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Selama September 2022, Satuan Narkoba Polres Klaten mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja dan sabu di wilayah hukumnya.

Pengungkapan kasus itu dipaparkan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo melalui Kasat Narkoba Iptu Yosua Farin Setiawan didampingi Kasi Humas Iptu Abdillah pada gelar perkara di Mapolres Klaten, Selasa 4 Oktober 2022.

‘’Dari 4 kasus yang diungkap, kami amankan 6 tersangka, yakni 5 pengedar dan 1 pemakai. Kebanyakan pelakunya warga Klaten dan Solo, serta modus yang digunakannya sama,’’ ujar Iptu Yosua Farin.

Baca Juga: Pesta Sabu di Mapolsek, Kapolsek Sukodono Digrebek Propam Polda Jatim?

Satu kasus merupakan penyalahgunaan narkotika golongan 1 jenis tanaman atau ganja, sedangkan 3 kasus lainnya adalah peredaran atau penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

‘’Dari 4 perkara narkoba, modusnya sama. Jadi pencandu atau pemakai bertransaksi langsung dengan penjual melalui Whatsapp atau Facebook. Pembayaran lewat transfer, nantinya barang dikirim ke lokasi yang disepakati,’’ ujar Iptu Yosua Farin.

Biasanya, para pengedar memilik tempat yang sepi untuk menaruh barang yang dipesan, agar tidak mudah diketahui orang. Biasanya, penempatan barang difoto dan dikirimkan ke pembeli melalui pesan WA.

Baca Juga: 30.000 Pohon Ganja di Lahan Seluas 3 Hektar di Aceh Utara Dimusnahkan

Total barang bukti yang diamankan dalam 4 kasus itu adalah 58,46 gram serbuk kristal warna putih yang diduga narkotika golongan 1 bukan tanaman dan 0,81 gram narkotika golongan 1 bentuk tanaman atau ganja.

"Nilai barang bukti berupa sabu dan ganja yang berhasil disita kurang lebih Rp 70 juta,’’ ujar Iptu Yosua Farin.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Klaten Terus Berupaya Genjot Produksi Beras

Rabu, 23 November 2022 | 13:27 WIB

25 Instansi Gelar Layanan Publik di 32 Stan MPP Klaten

Selasa, 22 November 2022 | 20:30 WIB

Relawan Klaten Menyerbu Sampah Bambu di Sungai Dengkeng

Minggu, 20 November 2022 | 07:13 WIB
X