Klaten Galakkan Gerakan Tanam Sejuta Cabai, Tiap Rumah 5 Batang

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 04:40 WIB
Bupati Sri Mulyani, Pimpinan Cabang BRI Klaten Sumarno dan Kepala DKPP Widiyanti mengawali penanaman sejuta cabai. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bupati Sri Mulyani, Pimpinan Cabang BRI Klaten Sumarno dan Kepala DKPP Widiyanti mengawali penanaman sejuta cabai. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Klaten mulai menggalakkan gerakan tanam sejuta cabai. Setiap rumah diharapkan menanam minimal 5 batang tanaman cabai.

Program penanaman cabai di pekarangan rumah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten itu dilakukan secara pentahelix Kelompok Wanita Tani (KWT), camat, desa dan PKK.

Penanaman cabai perdana program sejuta cabai dilakukan Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Pimpinan Cabang BRI Klaten Sumarno dan Kepala DKPP Widiyanti di lahan Balai Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Harga Cabai Keriting di Boyolali Kian Naik. Dampak Kenaikan Harga BBM?

‘’Gerakan penanaman sejuta cabai dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Bapak Presiden untuk pengendalian inflasi. Maka diperintahkan kepada desa, PKK, KWT dan kelompok tani,’’ kata Sri Mulyani.

Tanaman cabai akan dikembangkan di masing-masing pekarangan milik masyarakat demi memenuhi kebutuhan keluarga, di saat harga cabai tinggi.

‘’Nantinya, di setiap rumah bisa menanam minimal 5 tanaman cabai. Jadi kalau berbuah bisa digunakan sendiri, tidak perlu beli cabai. Ini sangat menguntungkan terutama bila harga cabai sedang tinggi,’’ ujar Bupati.

Baca Juga: Gara- gara Pathek Mengganas, Petani Cabai di Boyolali Harus Panen Tiap Hari

Kepala DKPP Klaten Widiyanti menambahkan, gerakan penanaman sejuta cabai Bupati Klaten dilakukan dalam rangka mengendalikan dan menekan inflasi. Bupati minta gerakan ini dilakukan di tiap desa.

Penanaman dilakukan bersamaan dengan acara BRI Menanam, dengan dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Klaten, Ketua TP PKK Kabupaten, Camat Prambanan, dan kades-kades.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Klaten Terus Berupaya Genjot Produksi Beras

Rabu, 23 November 2022 | 13:27 WIB

25 Instansi Gelar Layanan Publik di 32 Stan MPP Klaten

Selasa, 22 November 2022 | 20:30 WIB

Relawan Klaten Menyerbu Sampah Bambu di Sungai Dengkeng

Minggu, 20 November 2022 | 07:13 WIB
X