Peduli Cagar Budaya di Kartasura, Pegiat dan Akademisi Deklarasikan Desa Sadar Sejarah

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:39 WIB
Deklarasi Desa Sadar Sejarah di Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Solo. (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)
Deklarasi Desa Sadar Sejarah di Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Solo. (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Puluhan pegiat budaya, akademisi, perangkat wilayah dan tokoh masyarakat di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo mendeklarasikan Desa Sadar Sejarah Kartasura di Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Solo.

Deklarasi itu menjadi bentuk sinergi dan kerja sama dalam menjaga peninggalan sejarah di kawasan Kartasura.

Pembacaan deklarasi menjadi puncak Lokakarya ‘Pemberdayaan Komunitas Masyarakat untuk Pelestarian Situs Sejarah dan Penguatan Potensi Ekonomi Kreatif Pascapandemi di Kecamatan Kartasura’ yang diselenggarakan Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN bersama Komunitas Soeracarta Heritage Society.

Baca Juga: Kejari Sukoharjo Tahan Perusak Benteng Keraton Kartasura

“Kartasura dalam kajian sejarah dikenal sebagai kawasan penting sejak berdirinya Kerajaan Mataram Islam, atau yang dikenal sebagai kerajaan Pajang. Dari sisi historis itulah, Kartasura memiliki banyak peninggalan sejarah. Warisan Kerajaan Islam Jawa yang masih bisa dijumpai antara lain Benteng Kedhaton, yang belum lama menarik pusat perhatian karena sempat digempur oleh oknum yang tidak bertanggung jawab serta Benteng Singopuran yang juga dibongkar oknum,” beber Direktur Kuno Kini Nanti, Albertus Kriswandhono, dalam lokakarya.

Baca Juga: Tim Labfor Periksa 6 CCTV dan Tetesan Darah di Pintu 11 sampai 13

Camat Kartasura, Joko Miranto, mengapresiasi lokakarya dan deklarasi itu.

“Kegiatan lokakarya semacam ini penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan warisan budaya dan sejarah di Kartasura. Kami sangat mendukung deklarasi Desa Sadar Sejarah Kartasura dan berharap hasil kerja sama dapat ditampilkan pada HUT Kartasura di tahun mendatang,” kata dia. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X