Lisus Terjang Tasikmadu, Sejumlah Rumah di Geneng dan Cabean Rusak

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:12 WIB
Sejumlah rumah di Dusun Geneng, Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, rusak akibat tiupan angin kencang, Jumat (21/10).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Sejumlah rumah di Dusun Geneng, Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, rusak akibat tiupan angin kencang, Jumat (21/10). (SMSolo/Irfan Salafudin)

Karanganyar, suaramerdeka-solo.com - Angin Lisus menerjang wilayah Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, mengakibatkan sejumlah rumah di Dusun Geneng Desa Kaling dan Dusun Cabean Desa Pandeyan, rusak.

Terjangan angin puting beliung membuat atap asbes bangunan gudang milik salah satu pabrik tekstil di Dusun Geneng, juga beterbangan ditiup angin kencang. Beberapa di antaranya jatuh menimpa rumah warga.

Di Dusun Geneng, sedikitnya 10 rumah mengalami kerusakan. Sedangkan di Dusun Cabean, ada 12 rumah dan satu masjid yang rusak. Rata-rata rusak di bagian atap, karena ditiup angin kencang.

Baca Juga: Pohon Tumbang Menutup Jalan Wonogiri-Pacitan di Nguntoronadi

Dari rekaman video yang beredar di media sosial, angin Lisus berpusar di atas bangunan gudang pabrik, hingga atap asbes beterbangan hingga membumbung tinggi.

Terdengar suara jeritan warga yang melihat kejadian itu, juga suara orang melantunkan adzan, karena lebatnya hujan disertai angin kencang.

Agus Setiyono, salah satu warga mengaku, angin Lisus itu muncul sekitar pukul 14.00 WIB, pada saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Baca Juga: Jembatan Penghubung Nglurah-Tawangmangu Ambrol, Warga 'Terisolir'

"Dari arah pabrik, tahu-tahu ada angin muser, besar sekali. Sampai atap-atap beterbangan. Padahal atap asbes besar-besar, tapi beterbangan seperti plastik kena angin," katanya.

Camat Tasikmadu Joko Setiono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD dan instansi terkait, untuk penanganan di lokasi bencana.

"Untuk penanganan yang butuh alat khusus, biar ditangani yang profesional. Ini kan juga ada jaringan kabel yang putus. Saya juga masih minta laporan dari warga, rumah-rumah yang rusak kena angin," katanya.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus BUMDes Berjo Digugat Warganya

Jumat, 17 Maret 2023 | 20:12 WIB
X