Spillway Baru Waduk Gajahmungkur Dibuka Lebar

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 19:41 WIB
Sejumlah warga memancing ikan di dekat Spillway Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (22/10). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)
Sejumlah warga memancing ikan di dekat Spillway Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (22/10). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Spillway baru Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri dibuka lebar, Sabtu (22/10). Spillway baru tersebut dibuka karena pasokan air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Keduang terlalu besar.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari Perum Jasa Tirta (PJT) mengenai pembukaan pintu air tersebut.

Baca Juga: Disebut-sebut sebagai Orang Ketiga Dalam Rumah Tangga Rizky Billar-Lesti Kejora, Apa Kata Devina Kirana?

"Informasi dari PJT 1, elevasi (tinggi muka air) Waduk Gajahmungkur Wonogiri mencapai 128,7 meter dari permukaan laut (dpl), pada Sabtu (22/10) jam 08.55," katanya.

Dengan elevasi tersebut, PJT kemudian membuka spillway baru, sehingga menggelontorkan air sebesar 203 meter kubik per detik ke Bengawan Solo. Air yang mengalir melalui spillway baru itu bersumber dari DAS Keduang.

Baca Juga: Video Lesti Kejora Diusir dari Televisi, Viral!

Namun, PJT tidak membuka spillway lama. Pasalnya, pasokan air ke spillway lama belum melampaui pola yang ditetapkan.

Sementara itu, dari pantauan solo.suaramerdeka.com, pembukaan pintu air Waduk Gajahmungkur dimanfaatkan para warga untuk memancing ikan. Sekitar belasan orang terlihat memancing di dekat spillway lama. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Diminta Berperan dalam Konservasi Air

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:35 WIB

PKS Wonogiri Targetkan Enam Kursi dalam Pileg 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:27 WIB

Panen Raya Jagung di Bendungan Plumbon Wonogiri

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:52 WIB

Polres Wonogiri Jalankan Gerakan Tiji Tibeh. Apa Itu?

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:26 WIB
X