Pemesan Hingga Kaltim, Komplotan Pembuat STNK Palsu Ditangkap Polresta Solo

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 19:02 WIB
Tiga tersangka komplotan pemalsuan STNK yang ditangkap dan diamankan sejumlah barang bukti, yang kasusnya dirilis di Polresta Solo, Rabu (26/10).  (SMSolo/Sri Hartanto)
Tiga tersangka komplotan pemalsuan STNK yang ditangkap dan diamankan sejumlah barang bukti, yang kasusnya dirilis di Polresta Solo, Rabu (26/10). (SMSolo/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Kasus pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Kota Solo terbongkar. Pelaku, Candra Novianto warga Semarang yang bermodal laptop dan printer, dibekuk polisi.

Aksinya membuka praktik jasa pembuatan STNK yang sudah berlangsung dua tahun akhirnya terendus, setelah adanya transaksi jual beli mobil Suzuki Ertiga dengan menyertakan STNK palsu.

Begitu ditangkap, Candra Novianto menjelaskan modus pembuatan STNK palsu dilakukan secara otodidak. Hasil kejahatannya mencapai kisaran ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Edan, Dua Truk di Kecamatan Sedan Lenyap dalam Semalam. Malingnya Komplotan yang Sama?

Modusnya membuka layanan jasa pembuatan STNK di salah satu grup WhatsApp Jual Beli kendaraan STNK Only.

"Dari situ saya dapat order, kemudian mencari cara bagaimana membuat STNK," jelasnya saat dimintai keterangan di Polresta Solo, Rabu (26/10).

Adapun untuk pembuatan STNK jenis sepeda motor, Candra mematok tarif Rp 1,250 juta. Sedangkan pembuatan STNK kendaraan roda empat dibandrol dengan harga Rp 1,850 juta.

Baca Juga: Ini Penampakan Rumah yang Diduga Pabrik Uang Palsu di Sukoharjo

Candra mengaku, selama ini sudah membuat sekitar 100 lembar STNK dengan keuntungan kurang lebih Rp 100 juta. Adapun 30 STNK palsu untuk roda dua dan roda empat telah dipesan di wilayah Jateng, Jabar, Jatim hingga Kaltim.

Dalam mengungkap kasus ini, petugas Satreskrim Polresta Solo selain menangkap Candra juga meringkus Syahrir Hutabarat warga Jakarta Utara, dan Indra warga Bandung yang satu komplotan dengan Candra.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB

Gibran Dikabarkan Lumpuh Total!

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:53 WIB
X