Aplikasi SIMBG Mengalami Kendala Sistem, Layanan PBG di Karanganyar Terganggu

- Jumat, 4 November 2022 | 21:21 WIB
Pejabat Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda DPUPR Karanganyar, Farid Achmadi.  (SMSolo/dok)
Pejabat Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda DPUPR Karanganyar, Farid Achmadi. (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Pelayanan perizinan dan rekomendasi teknis terkait Penyelenggaraan Bangunan Gedung (PBG) di Karanganyar, terganggu dalam beberapa waktu terakhir.

Pasalnya, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) mengalami kendala.

"Akibatnya, operator SIMBG, baik di Dinas Teknis (DPUPR) maupun Dinas Perizinan (PTSP), tidak bisa menerima atau membuka dokumen teknis yang diajukan pemohon," kata Pejabat Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda DPUPR Karanganyar Farid Achmadi, Jumat (4/11).

Baca Juga: Regsosek di Karanganyar Sudah Mencapai 54 Persen

Pemohon juga tidak bisa mengirimkan dokumen melalui SIMBG secara utuh.

"Seluruh dokumen yang sudah selesai tahap verifikasi dan dihitung retribusinya oleh Dinas Teknis, terkadang hasil perhitungannya juga tidak bisa terkirim atau terbaca di akun Dinas Perizinan," jelasnya.

Dia mengungkapkan, PBG adalah perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi dan atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis.

"Nah, SIMBG adalah aplikasi berbasis website yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Aplikasi ini digunakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia, dalam memberikan pelayanan bangunan gedung," jelas Farid.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar akan Tata THL Sesuai Kompetensi

Layanan SIMBG diluncurkan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR pada 30 Juli 2021. Di Karanganyar, layanan tersebut diterapkan sejak Desember 2021.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Lama Karanganyar Pensiun, Siapa Penggantinya?

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:47 WIB
X