Kebutuhan Anggaran Pilkada Karanganyar Diperkirakan Mencapai Rp 80 Miliar

- Senin, 7 November 2022 | 21:35 WIB
Ilustrasi pemilu (SMSolo/dok)
Ilustrasi pemilu (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkada Karanganyar 2024 diperkirakan mencapai Rp 80 miliar.

Nilai tersebut dengan asumsi jumlah calon kepala daerah yang akan berebut kursi ada empat pasang. Yakni dua pasang calon diusung secara mandiri oleh partai, satu pasang diusung koalisi partai dan satu pasang calon independen.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Karanganyar Kustiono mengatakan, perkiraan anggaran tersebut sudah meliputi kebutuhan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19, yakni untuk prokes petugas pemungutan suara dan tiga kali swab.

Baca Juga: Keputusan Rakerda dan Rapimda, Ilyas Diusung sebagai Cabup dalam Pilkada Karanganyar 2024

"Selain itu, juga untuk rekrutmen dan pembiayaan badan ad hoc, seperti PPK, PPS, petugas pemutakhiran data pemilih dan petugas KPPS. Untuk badan ad hoc, perkiraan anggarannya mencapai Rp 46 miliar," jelasnya, di sela kegiatan "Sosialisasi Pemilu 2024 : Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Menyukseskan Pemilu 2024", yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (7/11).

Perkiraan anggaran tersebut juga meliputi kebutuhan pemungutan suara untuk pemilihan gubernur (pilgub) jateng.

Menurut Kustiono, perkiraan anggaran tersebut didasari pelaksanaan Pilkada 2019. "Namun angka yang diajukan itu, belum tentu nanti disetujui semua. Tentu banyak kemungkinan perubahan dana, apalagi yang bersumber dari APBD provinsi dan kabupaten. Itu baru perkiraan," ujarnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Diminta Fokus Pileg, Tidak Usah Mikir Pilkada Dulu

Dalam kesempatan itu, Kustiono juga menjelaskan, tahun ini KPU Karanganyar menerima anggaran Rp 4,8 miliar. Jumlah tersebut digunakan untuk pembiayaan tahapan pemilu Rp 3 miliar dan anggaran biaya tambahan Rp 1,6 miliar.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Karanganyar Lantik 531 PPS untuk Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:05 WIB
X