Penyampaian Informasi Benar, Berpengaruh pada Hasil Pemilu

- Selasa, 8 November 2022 | 07:10 WIB
Peserta mendengar paparan narasumber dalam kegiatan "Sosialisasi Pemilu 2024 : Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Menyukseskan Pemilu 2024", yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (7/11).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Peserta mendengar paparan narasumber dalam kegiatan "Sosialisasi Pemilu 2024 : Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Menyukseskan Pemilu 2024", yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (7/11). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Sukses penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak bisa lepas dari penyampaian informasi dengan baik dan benar.

Kehumasan berperan penting dalam penyampaian informasi tanpa bias, sehingga pelaksanaan pemilu lebih meningkat secara kualitatif, selain juga partisipasi masyarakat meningkat secara kuantitas.

Hal itu disampaikan Kaprodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNS Dr Andre Rahmanto dalam kegiatan "Sosialisasi Pemilu 2024 : Optimalisasi Peran Kehumasan dan Publikasi dalam Menyukseskan Pemilu 2024", yang diselenggarakan KPU Karanganyar, Senin (7/11).

Baca Juga: Pemilu 2024, Giring Instruksikan Kader PSI Gaungkan Ganjar-Yenny Wahid Jadi Capres-Cawapres

"Pemilu 2024 itu spesial. Karena serentak. Ada pileg, pilpres, juga pilkada. KPU harus bisa mengkonsolidasi semua elemen. Butuh strategi komunikasi pada masyarakat, agar informasi yang disampaikan tepat sasaran dan bisa dipahami," katanya.

Penyampaian informasi yang benar, dibutuhkan untuk membangun kesadaran publik bahwa pemilu itu penting untuk masa depan bangsa.

"Informasi yang benar, akan mempengaruhi sikap masyarakat. Misalnya tentang politik uang, yang harus ditolak dengan tegas. Atau memberi informasi tentang rekam jejak calon, agar masyarakat bisa menentukan sikap," tuturnya.

Baca Juga: Pemilu 2024, Mesin Partai Golkar Mulai Dipanasi, Kader Muda Mulai Bergerak

Dengan demikian, substansi pemilu bisa diperoleh dan tidak hanya sekadar rutinitas lima tahunan. "Ini tantangan bersama. Agar pemilu berkualitas. Partisipasi publik juga meningkat," imbuhnya.

Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Karanganyar Devid Wahyuningtyas mengatakan, kehumasan berperan penting agar informasi yang disampaikan ke masyarakat tersaring dengan baik dan tidak bias.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Lama Karanganyar Pensiun, Siapa Penggantinya?

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:47 WIB

KPU Karanganyar Lantik 531 PPS untuk Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:05 WIB
X