Ditolak Golkar, PKS, PSI, Gerindra dan PAN, Raperda TKPK Solo Tetap Dibahas DPRD

- Rabu, 16 November 2022 | 06:10 WIB
Ilustrasi ASN Pemkot Solo. ( SMSolo/dok)
Ilustrasi ASN Pemkot Solo. ( SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak tiga fraksi DPRD Solo, yakni Fraksi Golkar-PSI, Fraksi PKS dan Fraksi PAN-Gerindra, menolak pembahasan raperda terkait pengelolaan jasa tenaga kerja.

Mereka menilai, raperda tersebut tidak mendesak.

Ketua Fraksi Golkar-PSI, Taufiqurrahman menerangkan, selama ini acuan pengadaan Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK) sudah mengacu Perwali Nomor 37/2021.

“Jadi pembuatan raperda ini tidak memiliki urgensi. Kalau disebut tidak ada aturan yang menaungi, tidak mungkin,” tegas Taufiqurrahman, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Raperda APBD Klaten 2023, Fokus Pada 6 Prioritas Pembangunan

Ketua Fraksi PKS, Asih Sunjoto Putro juga menilai, raperda tersebut tidak urgen. Apalagi PP Nomor 12/2021 tentang Pengadaan Barang dan Jasa sudah dijabarkan melalui Perda Nomor 7/2010 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah (PPKD).

Meski ditolak, pembahasan raperda tersebut tetap berlanjut usai dilakukan voting.

Dari 39 anggota DPRD yang hadir, sebanyak 30 anggota sepakat raperda tersebut tetap dibahas. Adapun delapan orang menolak dan satu orang tidak hadir saat voting.

Baca Juga: Wonogiri Susun Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif

”Kami ambil jalan sesuai dengan tata tertib. Hasilnya mayoritas anggota dewan sepakat bahwa raperda ini dibahas,” katanya.

Raperda inisiatif ini ditargetkan selesai dibahas bulan depan.

Ketua Fraksi PDIP, YF Sukasno, sebagai salah seorang pengusul raperda menilai, keberadaan TKPK sangat vital di lembaga eksekutif karena bisa menggantikan sekitar 500 orang PNS yang pensiun setiap tahun.

“Kalau ada raperda soal TKPK ini, Pemkot punya payung hukum untuk pengadaan TKPK. Sebab peran TKPK di OPD sangat sentral. Kalau tidak ada TKPK maka Pemkot Solo bisa lumpuh,” katanya.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Pengacara Bambang Tri Mulyono Mundur

Selasa, 21 Maret 2023 | 15:44 WIB
X